PKS Legowo Cawapres Anies Baswedan Dari Luar Koalisi, Tapi Ada Syaratnya…

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka kemungkinan terkait bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Anies Baswedan figur di luar Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Asalkan, bacawapres tersebut mampu mendongkrak elektroral dan membantu untuk memenangkan Pilpres 2024.

Demikian disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu kepada wartawan di Kantor DPP PKS, Jalan Raya TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/5).

“Ya sangat mungkin (luar koalisi). Kita ingin Pak Anies ini bukan hanya sekadar satu berhenti mengusung yah, kita ingin menang. Untuk menang itu tadi faktornya bisa jadi yang punya elektoral mungkin bukan orang partai, sangat-sangat terbuka,” kata Syaikhu.

Meski begitu, Syaikhu menyatakan pihaknya tetap menghormati apa yang telah menjadi keputusan koalisi sebagaimana tertuang salam piagam KPP.

“Kita sudah dalam piagam koalisi menyepakati bahwa urusan cawapres akan ditentukan oleh capres ya, tentu kami juga diberikan kesempatan untuk mengusulkan,” ujar Syaikhu.

Bagi PKS, kata Syaikhu, bacawapres bukan hanya sekadar pelengkap semata. Menurutnya, figur itu harus menjadi faktor untuk penguat suara untuk kemenangan Anies Baswedan dan partai koalisi di Pemilu 2024.

“Oleh karena itu siapa nanti yang layak mendampingi beliau, saya kira itu salah satu akan diuji melalui survei dan sebagainya. Sehingga, mematangkan bahwa capres yang bersanding dengan Anies adalah betul-betul membawa efek elektoral yang besar,” pungkasnya.(Sumber)