Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto: Elektabilitas Ganjar Pranowo Sky Rocketing

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi beberapa hasil survei terkait elektabilitas capres. Capres PDIP Ganjar Prabowo masih menempati posisi teratas di sejumlah survei.

“Tentu saja disyukuri, artinya yang diputuskan oleh ibu Mega ini senapas dengan apa yang menjadi kehendak rakyat. Bahkan surveinya makin tinggi,” kata Hasto di kepada wartawan di kawasan GBK Senayan, Jakarta, Senin (8/5).

“Dari survei survei yang dilakukan, elektoral dari Pak Ganjar ini langsung terjadi, sky rocketing, langsung melonjak tinggi,” sambungnya.

Hasto menambahkan, elektoral Ganjar bisa semakin tinggi karena kerap melakukan komunikasi baik ke masyarakat atau parpol pendukung.

“Ini yang dilakukan, sehingga kami meyakini ke depan akan terus terjadi kenaikan, apalagi tiga pilar partai digabungkan dengan PPP dan Hanura ini terus bergerak. Dan juga bersama dengan kekuatan relawan,” tutup dia.

Sebelumnya, Peneliti Charta Politika Indonesia, Ardha Ranadireksa, mengatakan dalam simulasi 10 nama, elektabilitas Ganjar 28,9%, Prabowo Subianto 22,3%, dan Anies Baswedan 15,2%.

“Ganjar Pranowo dipilih oleh 28,9% responden, Prabowo Subianto 22,3% responden dan Anies Baswedan 15,2% responden pada simulasi 10 nama,” kata Ardha dalam keterangannya, Kamis (4/5).

Sementara itu, Ganjar pernah menempati posisi kedua pada hasil survei Poltracking usai polemik penolakan timnas Israel di piala dunia U-20 dan sebelum deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres PDIP.

Hasilnya, Prabowo Subianto menempati posisi pertama dengan elektabilitas 33% dalam simulasi 3 nama. Ganjar berada di posisi kedua dengan 31,1% dan Anies Baswedan 22,4%.

“Simulasi 3 nama Prabowo 33%, Ganjar 31,1%, Anies 22,4%, dan 13,5% responden tidak tahu,” kata Hanta dalam rilis survei virtualnya, Jumat (28/4).(Sumber)