Latihan Bebas MotoGP Prancis 2023: Marc Marquez Gagal Tembus 3 Besar, Maverick Vinales Tercepat

HASIL latihan bebas MotoGP Prancis 2023 sudah diketahui. Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, keluar sebagai tercepat usai mencatatkan waktu 1 menit 31,898 detik.

Sementara itu, pembalap bintang MotoGP, Marc Marquez, dia tercecer dari 3 besar. Marquez menempati posisi keempat di sesi latihan bebas yang digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis, Sabtu (13/5/2023) sore WIB.

Posisi kedua di hasil latihan bebas MotoGP Prancis 2023 sendiri ditempati oleh Francesco Bagnaia. Di belakangnya, ada Jack Miller. Dia tampil dominan hampir di sepanjang sesi latihan bebas ini.

Jack Miller yang tercepat di hari pertama kemarin, kembali menunjukkan performa apiknya di sesi latihan hari ini. Dia langsung menduduki tempat teratas di menit-menit awal dengan mencatatkan waktu di angka 1 menit 33,635 detik.

Namun sayang, pembalap tim Valentino Rossi, Marco Bezzecchi, harus menelan pil pahit di awal sesi latihan bebas. Dia tergelincir dari motornya kala latihan bebas baru berjalan dua menit.

Insiden itu teaptnya terjadi di tikungan 10. Penyebabnya, Bezzecchi diduga kehilangan cengkraman dari ban motornya yang masih dingin.

Memasuki menit ketujuh, giliran Fabio Quartararo yang unjuk gigi. Dia merangsek naik ke tempat kedua dengan selisih 0,311 dari Miller.

Sang juara bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia, sendirimasih tercecer di urutan ketujuh dengan jarak 1,210 detik dari posisi terdepan. Sayangnya, tepat di pertengahan sesi, tiba-tiba Bagnaia harus melipir dan masuk ke pit sambil mendorong motor Desmosedici GP22-nya karena diduga mengalami masalah teknis sehingga sang juara bertahan terpaksa kembali ke pit lebih dulu.

Pada 13 menit sesi tersisa, Marc Marquez unjuk gigi. Bintang Repsol Honda itu merebut tempat kedua dengan catatan waktu 1 menit 32,624 detik alias tertinggal 0,369 detik dari Miller yang masih berada di puncak dengan waktu terbarunya di angka 1 menit 32,255 detik.

Selanjutnya, sesi MotoGP Prancis 2023 akan dilanjutkan dengan kualifikasi. Hasil dari sesi ini akan menentukan posisi pembalap di grid dalam balapan yang akan berlangsung Minggu 14 Mei 2023.(Sumber)