Bantah KIB Bubar, Airlangga Hartarto: PAN dan Partai Golkar Sudah Bertemu Gerindra

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP masih berlangsung. Terkait pertemuan PAN dengan Gerindra, Airlangga mengatakan, PAN dan Golkar memang sudah sering kali melakukan pertemuan dengan Gerindra.

“Tidak ada yang bubar. Setiap saat juga PAN sudah bertemu dengan Gerindra. Golkar juga tiap saat bertemu Gerindra,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Adanya isu bahwa KIB akan bubar setelah PPP memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Sedangkan PAN tengah melakukan penjajakan kerja sama politik dengan PDIP dan diagendakan untuk bertemu Partai Gerindra pada siang ini.

Saat ditanya apakah Golkar juga mempertimbangkan kemungkinan untuk bergabung dengan Gerindra atau PDIP, Airlangga hanya menjawab bahwa kemungkinan tersebut ada. “Ya jadi semuanya terbuka,” kata dia.

Saat ditanya perihal tawaran PDIP kepada PAN untuk mengusung Ganjar sebagai capres 2024, Airlangga mengatakan akan melakukan koordinasi. “Ya tentu kan kemarin Pak Ketua Umumnya Pak Zulhas mengatakan akan koordinasi dengan Partai Golkar juga, nanti kami akan bahas,” ujarnya.(Sumber)