News  

Tebet Eco Park Besutan Anies Baswedan Raih President’s Design Award Singapore

Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, meraih penghargaan bergengsi bertaraf internasional yakni President’s Design Award Singapore. Taman yang dibangun pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu memenangkan Design of The Year 2023.

“Baru saja diumumkan: Selamat kepada Tebet Eco Park, Design of The Year di President’s Design Award 2023!” tulis Instagram Design Singapore Council pada Rabu (12/7).

Pendiri Siura Studio yang merancang Tebet Eco Park, Anton Siura menyampaikan taman tersebut didesain dengan mengusung tiga konsep utama dalam pengembangannya, yaitu fungsi ekologi, ruang sosial, edukasi serta rekreasi.

Ia mengatakan saat Tebet Eco Park dibuka pada April 2022, pihaknya menerima banyak respon positif dari berbagai komunitas dan pemerhati desain.

“Ini membuka mata pemerintah apa yang dibutuhkan masyarakat terkait bagaimana taman yang baik untuk semua khususnya di Jakarta,” jelasnya.

Menurut Anton, satu tahun usai dibuka untuk umum, Tebet Eco Park mengalami perkembangan yang sangat pesat.

“Apalagi setelah setahun kami kunjungi kembali dan kami melihat taman ini berkembang dengan amat luar biasa baik itu dari sisi ekologinya maupun kemampuannya untuk menjadi ruang ketiga yang setara bagi semua,” ujarnya.

Anies dan Hamparan Trotoar serta Taman untuk Jakarta Tanpa Kelas
Sebelumnya, Tebet Eco Park juga memenangkan Semec Gold Award dan Singapore Landscape Architecture Awards (SILA) pada 12 Desember 2022 lalu.

Tebet eco park adalah salah satu dari lebih dari 400 taman yang dibangun dan direvitalisasi di era Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ketika taman ini diresmikan, pengunjung Tebet Eco Park pada puncaknya sempat melebihi 150 ribu pengunjung dalam satu minggu. Angka ini lebih tinggi dari pengunjung Taman Impian Jaya Ancol(Sumber)