News  

Sambut Arus Perubahan, Partai Golkar Beri Sinyal Kuat Dukung Anies Baswedan

Surprise! Prediksi hampir mendekati kenyataan. Momentum yang ditunggu-tunggu. Tiga elite Partai Golkar hadir dalam Apel Siaga Perubahan Partai NasDem, Ahad 16 Juli 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Aplaus bergemuruh saat Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan menyapa tiga elite Partai Golkar. Tepuk tangan serentak sebagai tanda bahagia dan apresiasi yang ditunjukkan oleh ribuan kader Partai NasDem dan relawan Anies Rasyid Baswedan di stadion terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta International Stadium (JIS).

Tiga elite Partai Golkar yang hadir di Apel Siapa Perubahan yakni, Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani, Wakil Ketua Umum Rizal Mallarangeng, dan Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar Supriansa.

Kehadiran tiga elite Partai Golkar tersebut di tengah gonjang-ganjing Luhut Binsar Panjaitan (LBP) akan mengambil alih Partai Golkar dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto setelah Ridwan Hisjam memuji-muji LBP sebagai sosok super hebat.

Isu panas itu terungkap ke publik setelah anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Ridwan Hisjam mendesak Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar untuk mengganti Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum.

Bantahan desakan Munaslub datang dari Ketua dan Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono dan Yuddy Chrisnandi. Bahkan Agung Laksono menyebut yang mendesak Munaslub sebagai penumpang liar.

Solidnya suara Partai Golkar menepis desakan Munaslub ditambah kehadiran tiga elite Partai Golkar di Apel Siaga Perubahan Partai NasDem merupakan sinyal kuat bakal merapatnya Partai Golkar dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden.

Kejutan politik tahun 2023 tampaknya tak lama lagi. Partai Golkar dukung Anies Rasyid Baswedan. Mestinya menurut kabar yang berkembang, akhir Juni 2023 yang lalu Partai Golkar akan deklarasi mendukung Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden.

Isu itu diperkuat dengan rencana Apel Siaga Perubahan yang konon kabarnya akan memberikan kejutan politik beberapa bulan jelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum.

Bukan hal aneh bila Partai Golkar membersamai Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengusung Anies Rasyid Baswedan. Kedekatan Surya Paloh, Airlangga Hartarto dan para mantan Ketua Umum Partai Golkar menjadi salah satu faktor penting selain gagasan dan narasi yang digaungkan calon presiden Anies Rasyid Baswedan.

Dengan bergabungnya Partai Golkar, kursi yang dimiliki Koalisi Perubahan untuk Persatuan menjadi 248 (43%) dari semula 163 (28,3%) kursi DPR hasil Pileg 2019. Jumlah kursi tersebut diperkirakan jumlah kursi terbanyak dibandingkan dengan Koalisi PDIP dan Koalisi Gerindra.

Semangat perubahan di Pilpres 2024 tak hanya menjalar di kalangan arus bawah. Semangat itu ternyata menjalar juga ke partai yang selama ini bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi, yaitu Partai Golkar. Tak menutup kemungkinan Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mengikuti jejak Partai Golkar.

Akan banyak kejutan politik yang tak terduga. Menyambut arus perubahan yang makin membesar. Bertemunya dua kekuatan besar, rakyat dan gelombang perubahan. Wait and see!

Wallahua’lam bish-shawab
Jakarta, 28 Dzulhijjah 1444/17 Juli 2023
Tarmidzi Yusuf, Kolumnis