Tekno  

Satgas Percepatan TIK Bakal Urus Social Commerce, Seperti TikTok Shop?

Menkominfo Budi Arie Setiadi mendapat tugas untuk merampungkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari Jokowi. Satgas akan dibentuk sesegera mungkin dalam waktu dekat untuk mengurus beberapa hal.

“Kita bantu (tugas Kemenkominfo) lagi dengan satgas, memang kita waktunya mepet sekali, nanti ada satgas,” kata Jokowi kepada wartawan usai melantik Menkominfo Budi Arie Setiadi dan sejumlah wamen, Senin (17/7).

Menkominfo Budi Arie mengungkap, satgas akan terdiri dari beberapa anggota. Mereka yang ada dalam payung satgas, kata dia berasal dari lintas kementerian, termasuk Kemenkominfo.

“(Soal) satgas, nanti Minggu ini mungkin Presiden Jokowi akan panggil tentang pembentukan Satgas yang melibatkan banyak kementerian, kata Budi, Senin (17/7).

Budi mengungkap tak menutup kemungkinan satgas juga akan mengurusi persoalan lain. Misalnya membuat rumusan untuk mengawasi konten-konten media sosial.

Persoalan social-commerce seperti TikTok Shop yang disorot Menkop UKM Teten Masduki juga tampaknya akan jadi concern Budi beserta ke depan setelah menjabat.

“Mungkin di satgas akan kita rumuskan bersama, sinergi antar-sektor. Karena terus terang memang kemajuan ini perlu cara berpikir baru juga untuk mengatasinya,” ujarnya.

Presiden Jokowi telah meminta Kominfo untuk segera merampungkan dan menuntaskan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia. Tugas ini nantinya akan dibantu oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) yang baru dilantik, Nezar Patria, dan Satuan Tugas (Satgas) yang bakal dibentuk dalam waktu dekat.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden RI, Bey Machmudin, sebelumnya mengatakan, satgas akan ditujukan untuk percepatan pemanfaatan TIK, baik infrastruktur maupun regulasi. Ini agar Indonesia dapat mengikuti perkembangan dunia dalam urusan teknologi, informasi komunikasi.(Sumber)