5 Ketua Umum Partai Politik Terpopuler, Prabowo Subianto Masih Nomor Satu

Peran ketua umum dari sebuah partai politik sangatlah sentral. Ketua Umum Partai Politik merupakan pengambil keputusan tertinggi dalam sebuah lembaga kepartaian. Keputusan yang dimaksud bisa berupa langkah politik partai dalam jangka pendek, menengah maupun panjang. Tetapi tidak semua keputusan strategis partai bisa diambil secara sepihak oleh ketua umum.

Pada masing-masing partai di Indonesia, ada mekanisme organisasi tersendiri untuk mengambil keputusan. Di Partai Golkar misalnya, keputusan tertinggi berada di forum Munas atau Munaslub. Ketua Umum Partai Golkar hanya menjalankan keputusan Munas yang telah dirumuskan oleh pemilik suara. Kecuali jika dalam keputusan Munas ada kalimat keputusan akan diserahkan kepada ketua umum.

Berbeda dengan Partai Golkar, PDIP juga memiliki mekanisme organisasi tersendiri. PDIP biasanya menggunakan forum Kongres atau Rakernas (Rapat Kerja Nasional) untuk membuahkan keputusan strategis, seperti memutuskan siapa Calon Presiden (Capres) yang akan diusung partai untuk Pemilu periode berikutnya.

Berbicara faktor ketua umum yang sangat sentral bagi sebuah partai politik, maka penting pula menilik keberadaan mereka berdasarkan popularitas. Karena kami meyakini, popularitas ketua umum partai penting keberadaannya sebab mereka adalah simbol partai itu sendiri. Untuk ukuran popularitas yang kami gunakan adalah berdasarkan kuantitas pemberitaan para ketua umum partai.

Alasan kuantitas pemberitaan menjadi indikator popularitas menurut kami cukup relevan. Sebab semakin banyak pemberitaan yang dimunculkan pada periode tertentu akan membuat figur ketua umum partai makin dibicarakan oleh publik. Hasilnya publik pun akan semakin mengenal sosoknya.

Untuk periode Juni 2023, kami melakukan olah data secara berurutan terhadap para ketua umum partai parlemen. Hasilnya nama Prabowo Subianto kembali menjadi figur ketua umum partai terpopuler untuk Juni 2023. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut memiliki pemberitaan sebanyak 13.479 berita. Pemberitaan itu berimplikasi memunculkan reach sebesar 127,3 juta jangkauan.

Sentimen pemberitaan terhadap Prabowo Subianto pada Juni 2023 didominasi oleh tone positif. Kami menemukan ada 71,6% sentimen positif dan hanya 28,4% yang memiliki sentimen negatif. Tone pemberitaan ini bisa berupa reaksi publik, judul berita maupun sifat dari konten berita.

Untuk Prabowo Subianto, pemberitaan terkait dengan dirinya adalah mengenai spekulasi mengenai siapa Cawapres Prabowo Subianto yang akan mendampinginya di Pilpres 2024, ada nama Erick Thohir, Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto yang mengisi pemberitaan. 

Lalu tentang pidato Prabowo Subianto yang mengingatkan agar elit Partai Gerindra jangan salah dalam memilih pemimpin. Selain itu, ada pula pemberitaan tentang Prabowo dan Jokowi yang dianggap sebagai kerabat dekat hingga hubungan bestie antar keduanya. 

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10.378 pemberitaan sepanjang Juni 2023. Berita mengenai AHY menghasilkan reach sebesar 101,8 juta jangkauan. Sentimen yang dihasilkan oleh AHY pun terbilang cukup baik, yakni sebesar 58,4% positif dan 41,6% negatif.

Pemberitaan mengenai AHY didominasi oleh kabar pertemuannya dengan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani hingga menimbulkan spekulasi akan bergabungnya Partai Demokrat untuk mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Selain itu ada pula kabar mengenai AHY yang merayakan Idul Adha dan berkurban di Pacitan, daerah asal sang ayahanda. 

Mengisi tempat ketiga ada nama Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. Untuk Juni 2023, Megawati Soekarnoputri mendapatkan 8.185 pemberitaan. Pemberitaan Megawati Soekarnoputri berimplikasi memunculkan reach sebesar 80,1 juta jangkauan. Sentimen publik dan sifat pemberitaan terkait Megawati Soekarnoputri cukup baik. Capaiannya adalah 67,8% penyebutan positif dan 32,2% negatif.

Pemberitaan mengenai Megawati Soekarnoputri pada Juni 2023 didorong oleh spekulasi siapa Cawapres dari Ganjar Pranowo. Selain itu, ada pula pemberitaan mengenai apel siaga PDIP yang diikuti oleh pemberitaan kehadiran Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN, Zulhas dalam acara itu. Sehingga muncul opini publik bahwa Megawati sedang menggoda kedua Ketum partai itu. 

Di posisi keempat, ada nama Airlangga Hartarto. Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI yang kini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Pada Juni 2023 suami dari Yanti K. Isfandiary memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 5.712 berita. Reach yang dimunculkan oleh pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto adalah sebanyak 52,1 juta jangkauan.

Airlangga Hartarto pada Juni 2023 mendapat dominasi reaksi positif dari publik maupun konten pemberitaan. Untuk Juni 2023, Airlangga Hartarto mendapat tone 81,1% positif dan 18,9% negatif.

Pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto didominasi oleh kabar spekulasi Airlangga Hartarto sebagai Cawapres dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan. Nama Airlangga Hartarto semakin masif diberitakan berpotensi menjadi Cawapres dari ketiga figur Capres di atas. Selain itu, pertemuan Airlangga Hartarto dan Sandiaga Uno saat pertandingan bola Timnas Vs Argentina juga menjadi pemberitaan yang disukai. 

Sebagai Menko Perekonomian, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto adalah tentang peresmian rumah sakit internasional di Depok yang dilakukan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Lalu ada pula pemberitaan tentang pelaporan Airlangga Hartarto mengenai perkembangan peserta Kartu Prakerja yang mencapai 17 juta orang.

Airlangga Hartarto juga seringkali disebutkan dalam pemberitaan mengenai masa depan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyusul dukungan yang dilontarkan PPP untuk Ganjar Pranowo tanpa melibatkan KIB. Sisanya adalah pemberitaan mengenai kinerja Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian RI.

Posisi terakhir diisi oleh nama Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB dengan jumlah pemberitaan sebesar 3.755 berita sepanjang Juni 2023. Pria yang biasa disapa Cak Imin ini juga memiliki amplifikasi yang besar, yakni sebesar 41,5 juta jangkauan. Untuk Juni 2023, penyebutan mengenai Muhaimin Iskandar didominasi oleh sentimen positif sebesar 63,1%, sedangkan tone negatif hanya sebesar 36,9%.

Pemberitaan tentang Muhaimin Iskandar banyak menyoroti soal spekulasi masa depan tentang koalisi yang dibentuk bersama Partai Golkar. Selain itu, spekulasi mengenai nama Muhaimin sebagai Cawapres Prabowo Subianto atau Airlangga Hartarto juga disukai oleh publik. 

Demikianlah 5 Ketua Umum partai politik terpopuler periode Juni 2023. Kami hanya mengambil lima besar. Sementara untuk ketua umum partai politik lain berada di bawah kelima sosok di atas. Butuh lebih banyak amplifikasi media lagi bagi ketua umum partai lain agar masuk dalam daftar terpopuler.

Daftar ini pun bisa berubah pada setiap bulannya, tergantung bagaimana capaian pemberitaan atau penyebutan yang dilakukan masing-masing figur ketua umum partai politik.

5 Ketua Umum Partai Politik Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Juni 2023

 

Prabowo Subianto

Ketua Umum DPP Partai Gerindra

Total: 13.479 pemberitaan

Reach: 127,3 juta jangkauan

Tone: 71,6% positif, 28,4% negatif

 

Agus Harimurti Yudhoyono

Ketua Umum DPP Partai Demokrat

Total: 10.378 pemberitaan

Reach: 101,8 juta jangkauan

Tone: 58,4% positif, 41,6% negatif

 

Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP

Total: 8.185 pemberitaan

Reach: 80,1 juta jangkauan

Tone: 67,8% positif, 32,2% negatif

 

Airlangga Hartarto

Ketua Umum DPP Partai Golkar

Total: 5.712 pemberitaan

Reach: 52,1 juta jangkauan

Tone: 81,1% positif, 18,9% negatif

 

Muhaimin Iskandar

Ketua Umum DPP PKB

Total: 3.755 pemberitaan

Reach: 41,5 juta jangkauan

Tone: 63,1% positif, 36,9% negatif {redaksi}