Airlangga Hartarto Jadi Menteri Terpopuler Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju Periode Juli 2023

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Juli 2023. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan Juli 2023, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 8.004 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang Juli 2023. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar. 8.004 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 75,3 juta jangkauan. Untuk tone atau sentimen yang terbentuk pun cukup bagus, yakni 57,8% positif dan 42,2% negatif.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah terkait wacana Munaslub yang ingin mendongkel kepemimpinannya di Partai Golkar. Wacana Munaslub ini sendiri mendapat reaksi negatif dari publik hingga mengisi dominasi tone negatif. Selain itu ada pula perbincangan arah koalisi Partai Golkar yang disampaikan oleh Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie dan senior Partai Golkar lainnya kepada Airlangga Hartarto.

Sebagai Menko Perekonomian, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto di antaranya adalah kinerjanya yang mampu menjaga kondisi perekonomian tetap stabil di saat negara lain tertepa badai krisis. Ada pula kebijakan penerapan parkir dollar bagi eksportir Indonesia. Kemudian pemaparan Airlangga Hartarto terkait dengan penyelesaian PSN (Program Strategis Nasional).

Di posisi kedua, terdapat nama Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk Juli 2023, Luhut Binsar Panjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 4.292 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves.

4.292 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 35,3 juta jangkauan. Untuk Juli 2023, tone pemberitaan Luhut Panjaitan terkesan berimbang dengan tone positif lebih unggul sebesar 65% dan tone negatif sebesar 35%.

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar diantaranya adalah terkait pernyataannya mengenai Munaslub Partai Golkar dan spekulasi dirinya akan menggantikan Airlangga Hartarto. Kemudian pernyataan Luhut tentang subsidi kendaraan listrik yang banyak mendapat reaksi positif dari publik. Serta pemberitaan mengenai kabar investasi setelah Luhut menyambangi Cina.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar ketiga yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menpora RI, Dito Ariotedjo. Pria berusia 32 tahun ini merupakan sosok baru di Kabinet Indonesia Maju. Meski ia baru dilantik pada 3 April 2023 tetapi kinerjanya langsung mendapat banyak apresiasi dan sorotan dari publik.

Pada Juli 2023, Dito Ariotedjo mendapatkan jumlah pemberitaan sebesar 3.876 berita dengan capaian jangkauan mencapai 37,6 juta reach. Sedangkan untuk sentimen yang terbentuk tone positif bagi Dito Ariotedjo tampak mendominasi, besarannya adalah 57,9% positif dan 42,1% negatif.

Pemberitaan mengenai Dito Ariotedjo antara lain adalah tentang LHKPN dirinya di mana ia mendapatkan hibah sebesar Rp. 162 Miliar dari mertuanya. Tone negatif tentang Dito Ariotedjo juga mengisi pemberitaan di Juli 2023 seperti mengenai pemanggilan dirinya di kasus korupsi BTS sebagai saksi. Mengenai kinerjanya sebagai Menpora, Dito Ariotedjo banyak disorot mengenai kabar JIS yang akan jadi venue piala dunia U-17.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Perindustrian RI (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sepanjang Juli 2023, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 668 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 5,2 juta jangkauan. Sentimen yang terbangun atas diri Menperin pada Juli 2023 didominasi tone yang positif dengan raihan 97,7% positif dan 2,3% negatif.

Pemberitaan mengenai Agus Gumiwang Kartasasmita didominasi oleh persoalan subsidi kendaraan listrik dan perubahan syarat penerima subsidi. Pemberitaan mengenai kendaraan listrik ini mendapat reaksi positif terbesar dari publik. Selain itu, ketegasan Agus Gumiwang terhadap kasus IMEI ilegal juga mendapat reaksi positif dari publik.

Kelima ada nama Jerry Sambuaga, yang menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI. Ketua Umum DPP AMPI ini pada Juli 2023 mendapat 237 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Jerry Sambuaga mencatatkan reach sebesar 2,06 juta jangkauan. Untuk sentimen yang terbentuk, Jerry Sambuaga mencatatkan 76,2% positif dan 23,8% negatif.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga di antaranya adalah tentang pernyataannya terhadap niat Bahlil Lahadalia yang ingin menduduki kursi Ketua Umum Partai Golkar. Jerry Sambuaga mempertanyakan maksud dan niat Bahlil. Jerry Sambuaga juga mendapat sorotan pemberitaan atas keberaniannya mengatakan Uni Eropa munafik atas kebijakan melarang ekspor sawit hingga kopi RI.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan Juli 2023. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

5 Menteri Partai Golkar Terpopuler di Kabinet Indonesia Maju Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode Juli 2023:

Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian RI
Total: 8.004 pemberitaan
Reach: 75,3 juta jangkauan
Tone: 57,8% positif, 42,2% negatif

Luhut Binsar Panjaitan
Menko Marves RI
Total: 4.292 pemberitaan
Reach: 35,3 juta jangkauan
Tone: 35% negatif, 65% positif

Dito Ariotedjo
Menpora RI
Total: 3.876 pemberitaan
Reach: 37,6 juta jangkauan
Tone: 57,9% positif, 42,1% negatif

Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin RI
Total: 668 pemberitaan
Reach: 5,2 juta jangkauan
Tone: 97.7% positif, 2,3% negatif

Jerry Sambuaga
Wamendag RI
Total: 237 pemberitaan
Reach: 2,06 juta jangkauan
Tone: 76,2% positif, 23,8% negatif {golkarpedia}