News  

Anies-Cak Imin Ziarah ke Makam Ketum PBNU Pertama: Pejuang, Teladan, Dermawan

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), berziarah ke Makam Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pertama KH Hasan Gipo di Kompleks Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/9).

Ziarah dilakukan usai rombongan Tour De Wali Songo berziarah ke makam Sunan Ampel. Usai berziarah, Cak Imin mengatakan sosok KH Hasan Gipo merupakan yang merupakan Ketua PBNU periode 1926-1934 sebagai sosok teladan.

“Beliau pejuang, teladan sekaligus dermawan. Ketua PBNU pertama sekaligus pemberi fondasi yang kokoh untuk NU dan memajukan perjuangan NU di dalam dan luar negeri,” jelas Cak Imin.

Cak Imin berharap sosok KH Hasan Gipo menjadi contoh dan suri teladan yang baik untuk seluruh generasi dan warga NU.

Sebagai informasi, K.H Hasan Basri Sagipodin atau sering disapa Hasan Gipo (1869-1934) adalah seorang tokoh Islam dan saudagar kelahiran Surabaya.

Ia adalah Ketua Umum PBNU pertama, mendampingi K.H. Hasyim Asyari sebagai Rais Akbar. Nama Gipo adalah kependekan dari Sagipodin, yakni nama sebuah keluarga yang dikenal saudagar kaya raya saat itu dan masih memiliki darah keturunan dari Sunan Ampel.

Ia dimakamkan di Kompleks Pemakaman Kanjeng Sunan Ampel Surabaya, di sebelah timur Masjid Ampel, satu lokasi dengan makam Pahlawan Nasional sekaligus tokoh Muhammadiyah K.H. Mas Mansur.

Rombongan Tour De Wali Songo melanjutkan rangkaian acara ziarah ke makam 9 wali di Pulau Jawa. Usai berziarah di Makam Sunan Bonang, Sunan Drajat dan Sunan Gresik, rombongan melanjutkan ke tujuan terakhir yaitu berziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur.

Terlihat pasangan bacapres dan bacawapres Anies dan Cak Imin berziarah bersama usai menghadiri acara Halaqoh Politik di Hotel Arcadia, Surabaya, Jawa Timur.(Sumber)