2 Pembalap Yang Kerap Pakai Plester Hidung Saat Sedang Balapan MotoGP

INILAH dua pembalap MotoGP yang kerap pakai plester hidung saat sedang balapan. Mereka memakai alat itu bukan untuk gegayaan, tetapi ada alasan tersendiri.

Bagi kalangan orang awam bahkan pecinta dunia balap belum banyak mengetahui kegunaan plester bagi para pembalap MotoGP saat hendak melakukan balapan. Meski sepele, namun ternyata ada berbagai alasan krusial yang mendasari para pembalap tersebut mengenakan plester tersebut.

Marc Marquez

Setidaknya diketahui ada dua pembalap yang selalu mengenakan plester hidung saat hendak turun balapan ke arena sirkuit. Siapa saja pembalap tersebut?

1. Valentino Rossi

Pembalap professional dunia Valentino Rossi diketahui kerap menggunakan plester hidung saat hendak melaksanakan balapan di sirkuit. Terlihat di beberapa momen persiapan tersorot pose gaya Rossi dengan mengenakan nose trip atau plester hidung.

2. Marc Marquez

Pembalap kedua yang kerap disorot menggunakan plester hidung adalah sosok Marc Marquez. Di berbagai kesempatan terlihat dirinya tertangkap kamera paparazzi sedang mengenakan nose trip saat detik-detik persiapan menjelang ajang balapan di mulai.

Fungsi Plester Hidung

Melihat kedua pembalap tersebut dengan pose menggunakan plester pastinya memicu pertanyaan besar bagi banyak orang awam. Pasalnya hal itu akan merusakan gaya penampilan saat hendak difoto atau disoroti oleh paparazzi.

Ternyata di balik itu terdapat fungsi penting dan sangat krusial dari penggunaan plester hidung tersebut. Bukan hanya sebagai hiasan semata untuk gaya-gayaan, melainkan barang tersebut merupakan salah satu perlengkapan penting bagi seorang pembalap MotoGP.

Plester hidung yang ditempelkan pada area batang hidung ini memiliki fungsi untuk mengatur pernapasan para pembalap di saat sedang bergerak dalam kecepatan tinggi. Sebab pada situasi kecepatan tinggi, sang rider akan mengalami kesulitan dalam mengolah nafas dan menghirup udara karena adanya tekanan angin dan adrenalin.

Alhasil, tanpa alat tersebut sang rider pastinya akan mengalami situasi hidung tertutup atau menyempit yang mengakibatkan sesak untuk bernapas. Oleh karena itu nose strip atau plester hidung digunakan untuk mengatur pernafasan supaya hidung tetap terbuka di saat kecepatan tinggi sehingga memudahkan untuk bernapas seperti biasa.

Terlebih plester hidung akan sangat penting dan bermanfaat bagi para pembalap di saat dirinya sedang dalam kondisi tidak prima, seperti pilek dan mengalami pernafasan lainnya. Dengan begitu sang rider akan dapat mengikuti ajang balap dengan prima tanpa gangguan.(Sumber)