Unggul Jauh Dari Jorge Martin dan Fabio Quartararo, Marco Bezzecchi Juara MotoGP India 2023

Balapan utama MotoGP India 2023 diwarnai banyak drama, insiden ceroboh sejumlah pembalap hingga wearpack terbuka yang sempat tersorot kamera.

Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berhasil memenangi balapan MotoGP India 2023 yang digelar di Sirkuit Buddh, Uttar Pradesh, India, Minggu (24/9/2023), dengan sangat dominan.

Start dari pole position, pembalap asal Italia itu bahkan unggul jauh sampai 8,6 detik di depan Jorge Martin (Prima Pramac) yang meraih podium kedua.

Martin hampir saja apes karena sempat mengalami masalah di mana wearpack (baju balap)-nya terbuka. Ia mengalami dehidrasi yang cukup serius, kondisi fisiknya sempat mendapat penanganan medis di parc ferme.

Podium ketiga sukses direbut Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang diraih dengan banyak faktor keberuntungan, meski juga sempat menyajikan drama sengit di lap terakhir dengan Martin.

Itu adalah podium kedua bagi Quartararo dan Yamaha di sesi race sepanjang musim ini, setelah chapter Americas.

Selain tangguhnya Bezzecchi, balapan hari ini juga mempertontonkan sengitnya duel barisan depan yang sayangnya justru berakhir pilu bagi sejumlah pembalap.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Marc Marquez (Repsol Honda) ceroboh, melakukan kesalahan sendiri hingga terjatuh. Masing-masing di lap keenam dan ke-14.

Marquez masih bisa bergabung dengan rombongan hingga finis kesembilan, tapi Bagnaia tidak.

Balapan sang juara dunia bertahan itu tamat lebih cepat saat sedang mempertahankan posisi kedua. Sebuah kesalahan klasik yang membuat atmosfer di paddock Si Merah Borgo Panigale langsung suram.

Setelah start dimulai, Jorge Martin tancap gas merebut posisi pertama sejak start dimulai.

Dibuntuti dengan ketat oleh Francesco Bagnaia. Dua pembalap tersebut menempel ketat di beberapa tikungan awal.

Pada baris selanjutnya ada Marco Bezzecchi, Marc Marquez dan Joan Mir yang kembali bersaing ketat mempertahankan posisi ketiga.

Di barisan tengah, tikungan 1 kembali memakan korban lima pembalap. Untungnya tidak ada yang jatuh pada insiden yang melibatkan Aleix Espargaro, Maverick Vinales, Jack Miller, Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Bagnaia tak berapa lama merebut posisi terdepan, Martin melakukan kesalahan dan melorot ke posisi tiga.

Pada tikungan terakhir lap pertama, Bezzecchi akhirnya sukses menemukan celah Bagnaia dan berhasil mengambil alih posisi pertama.

Sementara itu, Marquez masih tertahan di posisi keempat dan diintai Fabio Quartararo yang perlahan masuk ke lima besar. Ia juga tak luput dari intaian Mir yang terus-menerus mencoba melakukan overtake terhadapnya.

Kembali ke barisan depan, Bezzecchi semakin menggila dengan menjauhkan jarak dari Bagnaia sampai selisih 2 detik lebih cepat.

Bagnaia mendapat masalah memasuki lap kelima, ia diincar Martin dan hampir terjadi kontak. Ia akhirnya tersalip di tikungan 4, yang menjadi titik tikungan paling membutuhkan rem kuat di Sirkuit Buddh.

Belum selesai, juara dunia bertahan itu juga tak luput dari intaian Marquez yang berada di belakangnya. Mereka berdua berebut posisi tiga.

Sayangnya, tak berapa lama dari momen itu, pada lap keenam, Marquez justru ceroboh.

Ia melakukan kesalahan hingga terjatuh di tikungan 1. Juara dunia delapan kali itu mengalami lowside. Meski masih bisa melanjutkan balapan, merosot jauh ke posisi ke-16 sebelum akhirnya mampu perlahan masuk ke 10 besar.

Di barisan depan, Bezzecchi semakin tak terkejar dengan gap waktu sampai 3,2 detik unggul dari kejaran Martin.

Pada lap kedelapan, Bagnaia dan Martin masih sibuk bersaing keras untuk posisi kedua. Bagnaia hampir saja melakukan error di lap kedelapan dan nyaris menubruk Martin.

Di belakang mereka, Quartararo berusaha keras untuk mengejar tetapi jaraknya sangat sulit untuk dikejar menggunakan M1 Yamaha miliknya. Ia tertinggal 1 detik dari Bagnaia.

Pada lap ke-10, pembalap debutan Augusto Fernandez memutuskan retired alias mundur. Satu putaran berikutnya, giliran Aleix Espargaro yang juga terpaksa menyerah karena mengalami masalah teknis pada motornya.

Memasuki lap ke-13, Bagnaia akhirnya kembali merebut posisi kedua dari Martin di tikungan 8 usai menyalip dengan smooth. Keduanya masih terus melangsungkan duel sengit.

Akan tetapi, kebahagiaan bintang Ducati ternyata hanya sesaat. Masuk di lap ke-14, Bagnaia melakukan kesalahan besar saat melintasi tikungan. Balapannya tamat, dan selisih poinnya dalam Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 jelas akan semakin terpangkas dari Jorge Martin.

Tersisa lima lap, Jorge Martin mengalami masalah di mana baju balapnya terbuka.

Saat membetulkan, ia kehilangan beberapa detik dan hampir terkejar Quartararo.

Quartararo nyaris saja merebut podium kedua saat Martin melebar di tikungan 4. Drama sengit terjadi di lap terakhir balapan. Sayangnya M1 Yamaha milik Quartararo tak cukup kuat untuk berduel sengit dengan Desmosedici GP23 milik Martin.

Sedangkan Bezzecchi melenggang melewati garis finis dengan sangat unggul jauh hingga berselisih 8,6 detik di depan Martin.

HASIL MOTOGP INDIA 2023, Minggu (24/9/2023):

1. Marco Bezzecchi (Mooney VR46) 36 menit 59,157 detik
2. Jorge Martin (Prima Pramac) +8,649 detik
3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +8,855
4. Brad Binder (KTM Red Bull) +12,643
5. Joan Mir (Repsol Honda) +13,214
6. Johann Zarco (Prima Pramac) +14,673
7. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +16,946
8. Maverick Vinales (Aprilia) +17,191
9. Marc Marquez (Repsol Honda) +19,118
10. Raul Fernandez (RNF Aprilia) +26,504
11. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) +28,521
12. Miguel Oliveira (RNF Aprilia) +29,088
13. Pol Espargaro (GASGAS Factory Tech3) +29,728
14. Jack Miller (KTM Red Bull) +31,324
15. Stefan Bradl (LCR) +35,782
16. Michele Pirro (Ducati) +49,242

DNF (Did Not Finish)
Augusto Fernandez (GASGAS Factory Tech3)
Aleix Espargaro (Aprilia)
Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
Fabio Di Giannantonio (Gresini)

DNS (Did Not Start)
Alex Marquez (Gresini)
Luca Marini (Mooney VR46)

*Alex dan Marini absen akibat mengalami patah tulang setelah kecelakaan, masing-masing insiden terjadi di sesi kualifikasi dan sesi sprint.(Sumber)