5 Pembalap Calon Pengganti Marc Marquez di Repsol Honda Pada MotoGP 2024

Sebanyak 5 pembalap calon pengganti Marc Marquez di Repsol Honda pada MotoGP 2024 akan diulas Okezone. Manajer Tim Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, mengatakan Marc Marquez mengonfirmasi bakal meninggalkan Honda untuk gabung Ducati pada MotoGP 2024.

“Dia telah memutuskan untuk meninggalkan Honda dan pindah ke Ducati secara tidak resmi. Terlebih lagi hal ini menggarisbawahi fakta bahwa dia menginginkan motor kami,” kata Gigi Dall’Igna mengutip dari Sky Sports Italia.

Marc Marquez

(Marc Marquez gabung Gresini Ducati pada MotoGP 2024? (Foto: MotoGP.com)

Kabarnya, Marc Marquez akan diresmikan sebagai pembalap anyar Gresini Ducati di MotoGP Mandalika 2023 yang berlangsung pada 13-15 Oktober 2023. Momen pengumuman itu diambil karena Gresini Ducati memiliki banyak sponsor dari Indonesia.

Jika benar Marc Marquez hengkang ke Gresini Ducati, siapa yang bakal menggantikan posisinya di Repsol Honda? Okezone coba mengeluarkan analisnya.

Berikut 5 pembalap calon pengganti Marc Marquez di Repsol Honda pada MotoGP 2024:

5. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)

Fabio Quartararo

Setelah menjadi juara dunia pada 2021, performa Fabio Quartararo menurun dalam dua tahun terakhir (2022 dan 2023). Setelah finis runner-up di MotoGP 2022, El Diablo –julukan Fabio Quartararo– kini terlempar ke posisi 10 klasemen MotoGP 2023.

Tahu motor Yamaha bobrok membuat Fabio Quartararo diprediksi angkat kaki sebelum MotoGP 2024 dimulai. Selain Repsol Honda, Aprilia Racing dapat dijadikan destinasi selanjutnya bagi rider asal Prancis tersebut.

4. Johann Zarco (Pramac Ducati)

Johann Zarco

Johann Zarco akan memperkuat LCR Honda per MotoGP 2024. Namun, jika Marc Marquez hengkang ke Gresini Ducati, bukan tak mungkin Johann Zarco langsung dinaikpangkatkan ke tim pabrikan Honda, Repsol Honda.

Pembalap asal Prancis ini memiliki rekam jejak apik di MotoGP. Musim ini bersama Pramac Ducati, Johann Zarco menempati peringkat enam klasemen sementara MotoGP 2023.

3. Pedro Acosta

Pedro Acosta

Setelah ditinggal Casey Stoner pada 2012, Repsol Honda membuat langkah berani dengan menggamit bocah yang kala itu belum genap berusia 20 tahun, Marc Marquez. Hebatnya di musim pertama mengaspal di kelas MotoGP (2013), Marc Marquez langsung keluar sebagai juara dunia!

Langkah serupa bisa kembali diambil Repsol Honda dengan memboyong pembalap yang kini berusia 19 tahun, Pedro Acosta. Setelah juara dunia Moto3 2021, Pedro Acosta berada di jalur tepat untuk juara Moto2 2023!

2. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)

Fabio Di Giannantonio

Pilihan terburuk Repsol Honda adalah mengambil Fabio Di Giannantonio. Pembalap asal Italia ini kini membela Gresini Ducati, alias berpotensi digeser posisinya oleh Marc Marquez.

Karena itu, Fabio Di Giannantonio bisa saja diambil Honda untuk menggantikan posisi Marc Marquez. Toh, Repsol Honda sudah memiliki pembalap jempolan yang berstatus juara MotoGP 2020, Joan Mir.

1. Maverick Vinales (Aprilia Racing)

Maverick Vinales

Di posisi puncak ada mantan rekan setim Valentino Rossi di Yamaha, Maverick Vinales. Top Gun –julukan Maverick Vinales– saat ini terikat kontrak bersama Aprilic Racing hingga akhir MotoGP 2024.

Namun, menurut jurnalis Spanyol Ricard Jove, Maverick Vinales merupakan kandidat terkuat sebagai suksesor Marc Marquez di Repsol Honda. Jadi dari lima nama di atas, siapa yang paling cocok menggantikan posisi The Baby Alien?(Sumber)