Gerindra Soal Kandidat Cawapres Prabowo: Gibran, Khofifah Hingga Airlangga Hartarto

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membeberkan sejumlah nama yang kini tengah digodok untuk menjadi pendamping Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 mendatang.

Nama-nama yang muncul dalam bursa cawapres Prabowo di antaranya adalah Menko Polhukam Mahfud MD, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

“Mari kita menunggu, bersabar. Pada waktunya tentu akan diumumkan siapakah nanti,” kata Riza di Sekretariat PBB, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/10).

Riza mengatakan keputusan cawapres merupakan wewenang dari Prabowo dan para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIM.

Mereka yakni pucuk dari Partai Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, dan sejumlah parpol non parlemen lainnya apabila nanti bergabung dalam KIM.

Ia pun mengklaim selama ini Prabowo tidak pernah membatasi siapapun untuk dijagokan sebagai pendamping Prabowo dalam kontestasi politik tahun depan. Malahan, Prabowo menurutnya meminta suara masyarakat luas terkait usulan sosok yang dianggap pantas mendampinginya itu.

“Pak Prabowo orangnya sangat baik, sangat bijak, dan sangat demokratis. Silakan siapa saja boleh mengusulkan. Selain partai politik koalisi, ormas-ormas, organisasi, bahkan individu pribadi pun boleh mengusulkan,” ujar Riza.

“Namun sekali lagi, nama-nama yang diusulkan nanti akan disampaikan di forum musyawarah pimpinan partai KIM dan diputuskan bersama. Insya Allah, kita tunggu saja,” imbuhnya.(Sumber)