Sah! Rapimnas Partai Golkar Putuskan Gibran Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Partai Golkar resmi mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Prabowo Subianto. Pengumuman ini dilakukan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Forum Rapimnas ini sendiri dihadiri oleh seluruh 38 Ketua DPD I se-Indonesia, Pengurus DPP Partai Golkar, Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasihat, organisasi pendiri dan yang didirikan hingga mereka kader Partai Golkar yang masuk kategori U40 seperti Wamendag Jerry Sambuaga, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Bupati Kendal Dico Ganinduto, Menpora Dito Ariotedjo, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan nama lainnya.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto pada forum Rapimnas ini pun mengumumkan keputusan hasil Rapimnas di depan jajaran para kader Partai Golkar serta Gibran Rakabuming Raka yang secara khusus menghadiri Rapimnas Partai Golkar ini.

“Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD I tadi malam, semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal Capres dan Cawapres RI,” kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dikutip redaksi Golkarpedia pada Rapimnas Partai Golkar pada (21/10/23).

Pada forum Rapimnas pula Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa alasan Partai Golkar mengusung Gibran Rakabuming Raka guna menjaring pemilih generasi muda, milenial, dan gen z. Selain itu, ini juga menunjukkan komitmen bahwa Partai Golkar senantiasa mendukung regenerasi kepemimpinan.

“Jumlah populasi generasi milenial dan gen z adalah 120 juta orang, 53% dari jumlah penduduk. Sehingga kami harap bahwa Mas Gibran bisa memanfaatkan bonus demografi. Partai Golkar juga melahirkan pemimpin-pemimpin muda Under 40. Jumlah bupati dan kepala daerah dari Golkar yang usianya di bawah 40 itu ada 20 orang, ini lebih banyak dari partai lain,” papar Airlangga Hartarto.

Selain itu, Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Maju ini menyebut bahwa Partai Golkar memang menyukai pemimpin muda yang usianya di bawah 40 tahun, salah satunya Gibran. Sedangkan untuk Prabowo, Airlangga Hartarto menyebutnya masuk ke kategori kedua yang disukai Partai Golkar, yakni usia 40 plus-plus.

“Kenapa Golkar suka under 40 karena dimulai forty dimulai dengan angka 4 dan Partai Golkar nomor 4. Bagi Partai Golkar hanya ada dua definisi anggota dan aktivis partai, satu under forty yang kedua forty plus-plus. Jadi Pak Prabowo adalah forty plus-plus,” ucapnya disambut gelak tawa peserta Rapimnas yang hadir. {golkarpedia}