News  

Pantun Jokowi Di IKN: Supaya Pembangunan Maju Terus, Pinjam Dulu Seratus!

Presiden Jokowi menghadiri Kompas 100 CEO Forum yang digelar di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Sebelum memulai sambutannya, Jokowi bercerita setiap kali ke Kalimantan selalu diberi pantun.

“Dan saya enggak tahu sudah boleh balik ke IKN ini selalu diberi pantun dan belum pernah berpantun. Oleh sebab itu, dalam kesempatan yang baik ini saya mau berpantun dulu. Boleh, ya? kata Jokowi, Kamis (2/11).

“Ikan lohan, ikan gabus. Direndam dulu baru direbus. Supaya pembangunan maju terus, pinjam dulu seratus,” lanjut Jokowi sambil berpantun yang disambut tepukan tangan para CEO.

Jokowi melanjutkan pinjam seratus yang dimaksud bukan soal uang. Tapi, mengajak 100 CEO untuk bersama membangun IKN ke depan.

Jokowi kemudian mengingatkan para CEO bahwa Indonesia adalah negara yang besar dengan 17 ribu pulau dan jumlah penduduk 287 juta orang, terbesar keempat di dunia. Ia pun menceritakan pengalamannya terbang dari Banda Aceh ke Jayapura atau Wamena.

“Mungkin bapak ibu belum pernah mencoba tapi, kan, punya banyak jet pribadi. Coba terbang dari Banda Aceh langsung ke Jayapura atau Wamena. Baru tahu berapa luas negara ini. Saya pernah coba sekali. 9 jam 15 menit,” ungkapnya.

Jokowi mengatakan dengan jarak tempuh seperti itu, setara dengan perjalanan dari Indonesia sampai ke Istanbul.
“Ya, inilah negara kita. Dan kita juga memiliki potensi yang sangat besar. Potensi mineral melimpah, potensi perikanan melimpah, potensi produk agri melimpah, potensi energi hijau juga melimpah,” pungkasnya.(Sumber)