Deretan Selebritis Yang Jadi Caleg Partai Golkar di Pileg 2024

Kehadiran para selebritis atau public figure di dunia politik merupakan sebuah keniscayaan. Para selebritis yang hadir di dunia politik itu memiliki keunggulan popularitas karena terbiasa tampil di hadapan media dibanding dengan para politisi. Dalam era demokrasi modern, faktor popularitas menjadi begitu penting dalam proses pemilihan, tingkat keterkenalan memudahkan masyarakat untuk memilih siapa figur yang dipilihnya.

Pantas jika banyak partai berlomba-lomba merekrut para selebritis untuk masuk ke dalam partainya sebagai vote getter, tak terkecuali Partai Golkar. Namun jumlah selebritis di Partai Golkar relatif lebih sedikit dibanding yang dimiliki oleh partai lain seperti PAN, Partai Gerindra, Nasdem, bahkan PDIP. Berikut para selebritis tanah air yang maju mencalonkan diri sebagai Caleg di berbagai tingkatan dari Partai Golkar:

  1. Nurul Arifin

Figur pertama adalah Nurul Arifin, politisi Partai Golkar yang telah dua periode duduk sebagai anggota DPR RI ini merupakan bintang film era 1980-an. Beberapa film layar lebar telah dibintanginya, diantaranya adalah Nagabonar (1986), Lupus (1987), Si Kabayan dan Gadis Kota (1989), hingga Catatan Si Emon (1991) serta puluhan film lain.

Nurul Arifin menunjukkan ketertarikannya dalam bidang politik sejak tahun 2005 silam kala menjadi pengurus Asosiasi Ilmuwan Politik Indonesia. Selanjutnya bahkan Nurul Arifin sempat menjadi dosen ilmu politik di Universitas Nasional (UNAS) Jakarta pada tahun 2007. Di Partai Golkar, Nurul Arifin pernah duduk sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 dan 2019-2024.

Kini Nurul Arifin menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar. Pada Pemilu 2024, ia kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari Partai Golkar di Dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

2. Meutya Hafid

Kedua adalah Meutya Hafid. Ibu dari Lyora ini terhitung sebagai selebritas tanah air kala bertugas sebagai news anchor Metro TV pada tahun 2000-an. Atas tugasnya sebagai seorang jurnalis, Meutya Hafid bersama juru kamera, Budiyanto bahkan pernah disandera oleh milisi di Irak.

Sebagai jurnalis, Meutya Hafid pernah menerima beberapa penghargaan seperti Penghargaan Jurnalistik Elizabeth O’Neill, dari pemerintah Australia di tahun 2007. Pada 19 Februari 2008, Meutya meraih penghargaan alumni Australia 2008 untuk kategori Jurnalisme dan Media. Pada 9 Februari 2012, Meutya menjadi satu di antara lima Tokoh Pers Inspiratif Indonesia versi Mizan.

Meutya Hafid telah duduk di kursi DPR RI selama tiga periode berturut, pertama di periode 2010-2014 saat menjadi PAW dari Burhanudin Napitupulu yang meninggal dunia. Selanjutnya Meutya Hafid selalu mulus melaju sebagai anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Utara I pada periode 2014-2019 dan 2019-2024. Di DPP Partai Golkar, ia kini menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar.

3. Wanda Hamidah

Wanda Hamidah jadi selebritis berikutnya yang maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar di Pemilu 2024. Di dunia hiburan, Wanda Hamidah sebagai model sampul depan dalam majalah Gadis pada tahun 1991. Pada medio tahun 2000 dan 2002, Wanda juga sempat menjadi presenter di saluran televisi Metro TV.

Partai Golkar bukanlah partai pertama Wanda Hamidah, sebelumnya di tahun 2009 ia pernah terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dari PAN. Setelahnya di tahun 2014, Wanda Hamidah pindah ke Partai Nasdem. Dan baru di tahun 2022 ia memutuskan hijrah ke Partai Golkar. Kini Wanda Hamidah maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Dapil DKI Jakarta I.

4. Sultan Djorghi

Selanjutnya ada nama Sultan Djorghi, selebritis yang telah malang melintang di layar kaca televisi Indonesia sejak akhir era 90-an hingga sekarang. Berbagai sinetron televisi sudah dibintanginya, antara lain Bidadari (2000), Putri Yang Ditukar (2010), Ayah Mengapa Aku Berbeda (2014), hingga Takdir Cinta yang Kupilih (2022).

Suami dari Annisa Trihapsari ini sebelumnya juga pernah maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Berkarya. Di tahun 2021, Sultan Djorghi memutuskan masuk sebagai anggota Partai Golkar. Ketua DPD I Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah memiliki peran besar untuk menguningkan Sultan Djorghi. Kini Sultan Djorghi turut meramaikan Pemilu 2024 dengan maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Dapil Sumut I.

5. Helsi Herlinda

Selebritis satu ini dikenal dengan berbagai peran antagonisnya di layar televisi. Sebagai pemeran antagonis yang memancing emosi penonton, nama Helsi Herlinda tentu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Terlebih saat membintangi serial Bawang Merah Bawang Putih, sebagai ibu tiri dari Bawang Putih yang diperankan oleh Revalina S. Temat.

Tak banyak yang tahu bahwa Helsi Herlinda bergabung dengan Partai Golkar. Bahkan Helsi Herlinda telah sejak tahun 2019 ia maju Caleg DPR RI dari Partai Golkar. Kini di Pemilu 2024, Helsi Herlinda kembali maju sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar di Dapil Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

6. Catherine Wilson

Selanjutnya pesohor yang juga mencoba peruntungannya di Pemilu 2024 adalah Catherine Wilson. Ia adalah pemeran, model, dan penyanyi Indonesia. Pada tahun 1998, Catherine mengawali kariernya sebagai model dengan tergabung dalam agensi model Look Models Indonesia. Sudah belasan judul film dan sinetron dibintangi oleh Catherine Wilson.

Setelah menikah dengan politisi Partai Golkar asal Kabupaten Sidrap, Catherine Wilson turut masuk dalam lingkungan politik partai berlambang pohon beringin ini. Bahkan Catherine Wilson turut maju sebagai Caleg DPRD Sulsel dari Partai Golkar di Dapil Sulsel 9 meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, dan Enrekang.

7. Putri Ajeng (PJ 7icons)

Nama berikutnya adalah Putri Ajeng Intan Novitasari, perempuan cantik ini merupakan anggota dari girlband 7Icons, yang dikenal dengan nama PJ. Saat di masa keemasannya, 7Icons populer dengan lagu “Playboy” yang diciptakan oleh Dewiq. PJ merupakan salah satu anggota 7Icons yang menonjol, selain dirinya ada pula nama Linzy, Angela Tee, Vanila, Mezty dan anggota lainnya.

Kini setelah jarang tampil sebagai anggota 7Icons, PJ banting setir ke dunia politik. Partai Golkar dipilihnya kemudian. Selain menjadi kader Partai Golkar, PJ 7Icons juga turut aktif sebagai kader AMPI. Putri Ajeng pada Pemilu 2024 maju mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Bogor dari Partai Golkar di Dapil 4 Kota Bogor yang meliputi Kecamatan Tanah Sareal.

8. Oktovianus Maniani

Nama terakhir ini juga tak kalah populer dibanding nama-nama sebelumnya, meskipun tak secara eksplisit dikenal sebagai selebritis, tetapi berkat prestasinya, Oktovianus Maniani banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Oktovianus Maniani adalah seorang pesepakbola asal Papua.

Namanya sempat mencuat kala membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Sebagai pemain yang memiliki keunggulan dalam kecepatan menggiring bola, pria yang dikenal dengan nama Okto Maniani ini selalu menjadi andalan Alfred Riedl yang saat itu menukangi Timnas Indonesia.

Di Pemilu 2024, Okto Maniani akan maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Papua dari Partai Golkar di Dapil 6, untuk wilayah Kabupaten Serui dan Waropen. Dengan kapasitas yang dimilikinya, Okto Maniani tentu bakal menjadi pembeda di Pemilu 2024. Concernya terhadap dunia olahraga tak perlu diragukan lagi, tentu jika terpilih dan duduk sebagai anggota DPRD Papua, Okto Maniani akan jadi saluran efektif masyarakat dalam menyampaikan aspirasi. {golkarpedia}