News  

Mahfud MD Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru Ngaji, Guru Agama Hingga Marbot

Peningkatan kesejahteraan guru ngaji, tenaga pendidik keagamaan, dan marbot, menjadi salah satu program unggulan yang dijanjikan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Hal itu diungkapkan oleh Mahfud MD pada momentum kampanye perdana, di Pasi Jaboi, Jalan Balongan, Desa jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Selasa (28/11).

“Untuk Aceh ini kami ada program guru ngaji, karena kami tahu di Aceh ini ada puluhan bahkan ratusan ribu guru-guru ngaji yang mengabdi untuk mendidik masyarakat,” kata Mahfud MD.

Mahfud MD memaparkan, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mencapai 240 juta orang. Satu juta di antaranya berprofesi sebagai guru ngaji, di Banda Aceh saja terdapat 1.500 guru ngaji yang berperan besar dalam pembangunan bangsa.

Meski begitu, lanjut Menko Polhukam itu, selama ini para tenaga pendidik keagamaan dan guru ngaji belum mendapatkan apresiasi yang layak. Bahkan dalam sebuah survei oleh Kementerian Agama, sekitar 65 persen dari guru ngaji berpendapatan jauh di bawah upah minimum regional (UMR).

“Nanti guru-guru ngaji ini akan kami beri perhatian khusus seperti halnya di daerah-daerah lain ada yang lebih butuh soal kesehatan, lebih butuh alat pertanian, di sini juga tentu sama tetapi program unggulannya di sini adalah untuk para ustaz dan guru ngaji,” bebernya.

Di samping perhatian kepada guru ngaji, Mahfud juga menggenjot pembangunan fisik baik rehabilitasi ataupun pembangunan baru untuk menunjang pendidikan keagamaan.

“Oleh sebab itu rumah-rumah ibadah kita bangun, kita perbaiki, kita perbanyak,” pungkasnya.(Sumber)