Ridwan Kamil: Saya Tak Maju Pilgub Jabar jika Atalia Maju Pilwakot Bandung

Ridwan Kamil membeberkan rencana dirinya di 2024 setelah tidak menjadi cawapres. Ridwan Kamil tak menampik, dirinya akan kembali maju dalam kontestasi pemilihan gubernur.

Kini, ada dua opsi bagi dirinya yakni kembali maju di Pilgub Jawa Barat atau maju di Pilgub DKI Jakarta.
Namun, Ridwan Kamil memastikan dirinya tidak akan maju Pilgub Jabar jika istrinya Atalia Praratya, maju di Pilwakot Bandung.

“Nah itu enggak mungkin, kita sudah janjian, jadi Bu Atalia itu hanya akan diridhai oleh suaminya kalau kita tidak ada conflict of interest,” kata pria yang akrab disapa Emil itu dalam program info A1 kumparan dikutip Senin (4/12).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri saat hadir di pernikahan Ria Ricis dan Ryan. Foto: Ronny
Ridwan Kamil memang mendapat 2 surat tugas dari Partai Golkar untuk maju di Pilkada DKI Jakarta atau Pilkada Jawa Barat. Sementara, Atalia mendapat tugas dari Partai Golkar untuk maju di Pilwalkot Bandung.

Oleh sebab itu, Emil mengatakan dirinya maju di Pilgub DKI jika Atalia maju di Pilwalkot Bandung.

“Kalau saya Gubernur Jabar lagi, Bu Atalia fokus di DPR, kan mencoba seminim mungkin tidak ada nilai-nilai demokrasi yang tidak baik dipertontonkan,” kata Emil.

Lebih jauh, Emil menyebut sudah pernah ada kejadian di Papua soal membahas APBD di dalam kamar. Menurutnya ini tidak etis karena dirinya ingin memperlihatkan demokrasi itu baik.

“Kejadian di Papua, bupatinya suaminya, DPRD istrinya, terus membahas APBD selesai di kamar,” kata Emil.
“Saya ingin menjadi berada di koridor itu supaya anak-anak muda ke bawah melihat demokrasi itu baik, caranya itu insyaallah baik,” tutup dia.(Sumber)