Meutya Hafid Jadi Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode November 2023 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Ketua Komisi I DPR RI yang juga Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar, Meutya Hafid bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode November 2023. Keberadaan Meutya Hafid di posisi pertama menggeser Ratu Tatu Chasanah yang pada periode sebelumnya memuncaki daftar politisi perempuan terpopuler Partai Golkar. .

Mengenai kategori politisi perempuan terpopuler, kami mengangkat hal ini karena merasa dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami redaksi Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan November 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Ia mendapatkan posisi pertama dengan 620 pemberitaan selama periode bulan November 2023. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 5,1 juta jangkauan.

Atas posisinya yang strategis sebagai Ketua Komisi I DPR RI yang membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen Meutya Hafid memang banyak mendapatkan fokus pemberitaan mengenai kinerjanya. Di antaranya mengenai penyampaian visi misi calon Panglima TNI di hadapan Komisi I DPR RI. Kemudian ada pemberitaan tentang kisah perjuangan Meutya Hafid memiliki seorang anak.

Ibunda dari baby Lyora ini juga mendapatkan pemberitaan populer atas tanggapannya terkait boikot komoditas yang berafiliasi dengan Israel. Lantas ada kabar tentang Meutya Hafid yang diamanahkan jabatan strategis sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran. Selanjutnya tentang kabar Panja Netralitas TNI yang diwacanakan oleh Komisi I DPR RI.

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany. Perempuan yang dicalonkan Partai Golkar sebagai Gubernur Banten ini pada November 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 416 berita dengan reach mencapai 1,9 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Airin Rachmi Diany di antaranya adalah penunjukkan Airin Rachmi Diany sebagai Ketua TKD Prabowo-Gibran di Banten. Lalu penilaian warga Cibadak dan Warunggunung di Kabupaten Lebak yang menganggap Airin sebagai figur penuh keikhlasan. Masyarakat pun mendukung pencalonan Airin Rachmi Diany sebagai Gubernur Banten.

Selanjutnya ada pemberitaan tentang Airin Rachmi Diany saat menyambangi kegiatan bersama HIMPAUDI Kota Tangsel. Dalam kesempatan tersebut, Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa guru merupakan kunci dari keberhasilan dunia pendidikan. Masih di dunia pendidikan, Airin Rachmi Diany juga mendapat pemberitaan populer saat ia menyambangi Ponpes Gondrong Nurul Iman Al-Barkah, Kota Tangerang.

Di posisi ketiga ada nama rekan satu komisi Meutya Hafid di DPR RI, yakni Nurul Arifin. Untuk periode November 2023, Nurul Arifin memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 218 berita dengan reach sebesar 1,08 juta jangkauan. Berbeda dengan Meutya Hafid, pemberitaan terkait Nurul Arifin lebih banyak tersorot mengenai Partai Golkar.

Di antaranya adalah pernyataan Nurul Arifin tentang bantahan adanya agenda politik di puncak HUT Ke-59 Partai Golkar. Ia juga membantah akan digelar seremonial Gibran menggunakan jaket Partai Golkar pada kesempatan tersebut. Mantan artis era 90an ini juga mendapatkan pemberitaan populer atas pernyataannya yang mengatakan bahwa kabar hoax di tahun politik sangat berbahaya.

Sebagai anggota DPR RI, Nurul Arifin banyak tersorot atas kinerjanya yang mempertanyakan netralitas TNI di tahun politik. Kemudian ada pemberitaan tentang penilaian Nurul Arifin terhadap sosok Jenderal Maruli Simanjuntak yang menurutnya tepat mengisi posisi KSAD.

Di urutan keempat ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah sebagai politisi Partai Golkar perempuan terpopuler periode November 2023. Pada periode ini Ratu Tatu Chasanah mendapatkan pemberitaan sebanyak 190 berita dengan reach mencapai 293.472 jangkauan.

Pemberitaan terkait Ratu Tatu Chasanah di antaranya adalah saat menghadiri perayaan hari guru nasional 2023 di Kabupaten Serang. Dalam kesempatan itu, Ratu Tatu Chasanah menegaskan pentingnya peran guru, bahkan ia mengatakan tak bakal ada pemimpin jika tiada guru.

Lalu berita tentang kegiatan Ratu Tatu Chasanah jika nanti tak lagi menjabat sebagai Bupati Serang. Ia mengaku tak akan berkegiatan di dunia politik dan memilih untuk mengurus cucu di rumah. Kemudian penghargaan peringkat II di anugerah keterbukaan informasi publik yang diraih Ratu Tatu Chasanah sebagai Bupati Serang.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Kami memangkas jumlah figur yang dipublish dari sebelumnya 10 menjadi hanya 4 dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024.

Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan November 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode November 2023

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
Total: 620 Pemberitaan
Reach: 5,1 Juta Jangkauan

Airin Rachmi Diany
Fungsionaris Partai Golkar
Ketua Umum KPPG
Total: 416 Pemberitaan
Reach: 1,9 Juta Jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 218 Pemberitaan
Reach: 1,08 Juta Jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Walikota Serang
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total: 190 Pemberitaan
Reach: 293.472 Jangkauan {golkarpedia}