Gandung Pardiman Apresiasi Keberadaan 17 Desa Anti Politik Uang di Bantul

Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman mengapresiasi adanya 17 desa di Bantul yang memproklamirkan diri sebagai desa anti politik uang dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

 

” Ini bagus sekali untuk menjaga kualitas demokrasi di negara kita. Desa Anti Politik Uang ini perlu dikembang di seluruh wilayah di DIY sehingga semua masyarakat menolak adanya Politik Uang dan bisa memilih calon yang benar – benar berkualitas, bisa memperjuangkan aspirasi rakyat serta mensejahterakan rakyat,” ungkap Gandung Pardiman saat ditemui di Kantor DPD Golkar DIY di jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Jumat ( 12/01/2024).

 

Gandung Pardiman yang juga anggota DPR RI dari fraksi Golkar dapil DIY ini menegaskan politik uang akan merusak karakter masyarakat dan menghancur demokrasi dan merusak kehidupan berbangsa bernegara.

Politik uang memicu tumbuh kembangnya budaya korupsi.

 

” Adapun yang kita butuhkan adalah politik edukasi dan pemberdayaan masyarakat,” tegas Gandung.

Gandung berharap masyarakat ikut mendukung pemberantasan korupsi di negeri ini dan salah satunya dengan menolak praktik politik uang pada Pemilu 2024 mendatang.

Sebab pemilih yang memilih atau mencoblos berdasarkan amplop atau uang maka berarti telah menjadi bagiand ari perilaku korupsi

 

” Saya yakin masyarakat sekarang sudah cerdas dalam menentukan pilihan.

Masyarakat akan memilih calon pemimpin berdasar karakter dan rekam jejak yang baik dan bukan jangan karena amplop.

Apabila menolak politik uang berarti turut memerangi korupsi,” tegas Gandung.

Calon pemimpin yang terpilih karena beli suara atau politik uang, imbuh Gandung, maka nantinya jika sudah menjabat maka akan menggunakan berbagai macam cara agar uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli suara dapat kembali.

” Istilahnya untuk mengembalikan modal mereka akan melakukan berbagai cara termasuk nantinya mungkin akan melakukan tindakan korupsi. Nah jika masyarakat menolak politik uang berarti sudah melakukan tindakan preventif terjadinya korupsi,” ujarnya.

 

Gandung Pardiman mengapresiasi munculnya spanduk – spanduk yang menyatakan menolak politik uang di kawasan Dlingo Bantul.

Sejumlah tempat di Dlingo bantul terpampang penolakan terhadap politik uang. Di sejumlah tempat ada spanduk bertuliskan ” Butuhe program dudu duit bitingan” , Tolak Politik Uang, Tompo Duite Coblos liyane “.

Hal ini menurut Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman sangat bagus. Gerakan masyarakat ini harus didukung.

Jika semakin banyak yang menyatakan diri sebagai desa anti politik uang maka akan mempersempit gerakan calon yang akan melakukan praktik politik uang beli suara kepada masyarakat,” tutur Gandung Pardiman.

Gandung Pardiman merasa bersyukur selama 20 tahun menjadi anggota legislatif, yakni 5 tahun anggota DPRD DIY dan 15 tahun menjadi anggota DPR RI tidak pernah melakukan praktik politik uang.

Selama ini yang dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat dan sesering mungkin berada di tengah – tengah masyarakat.

” Selama 20 tahun jadi DPR saya nggak pernah lakukan politik uang, tapi dengan upaya pemberdayaan masyarskat tingkat Rt sampai tingkat propinsi.

Menjadi anggota DPR tanpa politik uang membuat saya puas lahir batin. Maka kita punya semboyan terima uangnya jangan pilih orangnya,” pungkas Gandung Pardiman.(Sumber)