Duh! Maverick Vinales Ternyata Pernah Sabotase Motor Yamaha di MotoGP Styria 2021

KISAH Maverick Vinales yang ternyata pernah lakukan sabotase merusak motor Yamaha menarik diulas. Hal itu terjadi di MotoGP Styria 2021.

Pada balapan yang digelar pada Agustus 2021 itu, Maverick Vinales gagal tampil dengan baik dan berada di posisi buncit. Ia bahkan tidak dapat menyelesaikan balapannya dan harus kembali ke timnya pada lap terakhir.

Maverick Vinales

Namun lebih buruk daripada itu, sifat tidak terpuji dilakukan Vinales. Lantaran merasa balapan tak berjalan sesuai keinginannya, ia justru melakukan aksi sabotase yang berisiko merusak motor yang dikendarainya.

Kala itu, Maverick Vinales diketahui membuka tutup gas motornya (menggeber) secara berlebihan. Aksinya ini dilakukan secara terus-menerus hingga menyentuh ref limiter.

Seorang komentator balap motor, Neil Morrison, juga membenarkan aksi tersebut. Berdasarkan laporan para fotografer di lokasi kejadian, Vinales terlihat mengoperasikan motor Yamaha YZR-M1 miliknya.

“Mendengar seorang fotografer di trek pada Minggu mengatakan mereka mendengar Maverick menekan rev limiter berulang kali di lap terakhir. Sangat gila,” tulis Neil Morrison di akun Twitter atau X pribadinya.

Aksi seperti itu bukanlah hal yang dibenarkan untuk dilakukan oleh pembalap mana pun. Pasalnya, aksi menggeber motor secara berlebihan hingga berkali-kali menyentuh rev limiter adalah hal yang berbahaya. Tidak hanya mengakitkan kerusakan motor, itu juga sangat membahayakan sang pembalap.

Akibat aksi tidak terpujinya itu, Yamaha Monster Energy selaku tim Maverick Vinales kemudian memberi hukuman berupa skorsing kepada pembalap berbakat tersebut. Dia tidak disertakan pada balapan selanjutnya.

Maverick Vinales

Tidak berhenti sampai di sana, aksi sabotase itu juga kemudian menjadi salah satu pertimbangan Yamaha untuk memecat Maverick Vinales sebagai pembalapnya. Kabar pemecatan Maverick Vinales pada 2021 pun menjadi perbincangan hangat di kalangan para pencinta balap motor.

Namun bagaimanapun, aksi tidak terpujinya di MotoGP Styria 2021 memang kesalahan yang fatal. Pasca dipecat, Vinales memilih bergabung dengan tim Aprilia dan bertahan hingga sekarang.

Menarik untuk menyaksikan penampilan Maverick Vinales di gelaran MotoGP 2024 nanti.(Sumber)