Airlangga Hartarto Berpotensi Cetak Sejarah, Jadi Ketum Partai Golkar 2 Periode

Partai Golkar punya capaian baik di Pemilu 2024. Ini membuat Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto berpotensi kembali maju dan terpilih jadi ketum partai di Munas pada Desember 2024.

Bila Airlangga kembali terpilih jadi Ketum Golkar, ini jadi sejarah baru bagi partai beringin itu. Sebab, belum pernah ada satu orang jadi Ketua Umum Golkar lebih dari satu kali.

“Namanya sejarah dan masa depan itu suatu hal yang bisa terjadi. Bisa berubah juga,” kata Airlangga dalam talkshow Info A1 kumparan, dikutip Senin (18/3).

Saat ini, ada 4 nama yang akan masuk dalam pertarungan kursi Golkar 1. Selain Airlangga Hartarto ada nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

“Semua ada sustainibility, ada keberlanjutan,” sambung Airlangga.

Capaian Golkar memang jadi perhatian. Bila dirunut ke belakang, kursi Partai Golkar lebih dari 100 pada 2004. Setelah itu terus turun dan kembali diperkirakan bisa mencapai lebih dari 100 kursi pada Pileg 2024 kali ini.

“Rebound dan reborn,” singkat Airlangga mencerminkan kondisi itu.

Rekap nasional KPU memang masih berlangsung. Airlangga dalam buka puasa bersama DPP Golkar di Nusa Dua Bali sempat menyebut Golkar sudah mengantongi 15% suara, 102 kursi di DPR, dan memang di 15 dari 38 provinsi.

Dengan capaian itu, bukan tidak mungkin Golkar akan mendapat posisi Ketua DPR. Meski secara suara nasional masih ada PDIP yang suaranya lebih tinggi.

“Ketua DPR itu nanti lagi tergantung kursi,” ucap dia.

(Sumber)