News  

Heboh! Tiket Pesawat Jakarta-Padang Rp. 5 Juta, Ini Penjelasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara terkait harga tiket pesawat yang mulai melejit selama periode mudik lebaran, salah satunya rute penerbangan Jakarta (CGK)-Padang (PDG) yang menembus Rp 5 juta.

Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati, menjelaskan sejauh ini pemerintah belum menemukan pelanggaran tiket pesawat yang melampaui tarif batas atas (TBA).

“Sampai saat ini kami belum menemui pelanggaran TBA, karena kami masih pantau harga masih dalam koridor,” ujarnya saat dihubungi kumparan, Rabu (20/3).

Adita mengungkapkan, pemudik perlu mencermati penjualan tiket pesawat di Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka atau Tiket.com antara penerbangan langsung (direct) atau transit (connecting).

Sebab, harga tiket pesawat Jakarta-Padang mencapai Rp 5 juta yang saat ini viral di media sosial adalah penerbangan connecting. Adita menyebutkan, TBA berlaku untuk satu penerbangan per rute.

“Jika ada penerbangan connecting maka akan terjadi harga yang meningkat 2 kali bahkan bisa 3 kali lipat, tergantung rute connecting-nya,” jelas Adita.

Selain itu, lanjut Adita, pemerintah juga hanya mengatur tarif penerbangan ekonomi saja, sementara bisnis atau first class tidak diatur. Sehingga pemudik perlu mengecek kelas penerbangan di OTA.

Adita menambahkan, perlu dipahami pula bahwa harga tiket pesawat terdiri dari beberapa komponen selain tarif yang diatur pemerintah, yakni termasuk pajak, Iuran Wajib Pesawat Udara (IWPU) dan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U).

“Maka tarif nett yang dibayar penumpang bisa jadi memang lebih tinggi dari TBA karena ada komponen tersebut,” pungkas Adita.

Berdasarkan pantauan kumparan di Online Travel Agency (OTA) Traveloka, harga tiket pesawat termahal Jakarta-Padang pada keberangkatan 6 April 2024 mencapai Rp 5 juta menggunakan maskapai Batik Air. Mahalnya harga tiket ini juga ramai dikeluhkan di media sosial X.

Meskipun begitu, penerbangan ini adalah connecting atau transit dari Bandara Soekarno Hatta (CGK) menuju Bandara Kuala Lumpur (KUL) terlebih dahulu, baru kemudian terbang menggunakan maskapai Super Air Jet menuju Bandara Minangkabau (PDG), sehingga total waktu tempuh penerbangan tersebut mencapai 6,5 jam.

Pada hari tersebut, seluruh penerbangan Jakarta-Padang yang masih tersisa adalah penerbangan connecting. Namun, calon pemudik masih memiliki pilihan penerbangan lain yang lebih murah. Misalnya menggunakan maskapai Air Asia dengan transit di Kuala Lumpur dengan kisaran harga Rp 3,2-3,4 juta.

Selain ke Padang, beberapa rute penerbangan lain juga terpantau mahal. Misalnya Jakarta-Medan dengan tiket penerbangan connecting yang masih tersisa seharga Rp 3,7 juta, Jakarta-Makassar yang paling murah Rp 1,9 juta, dan Jakarta-Surabaya paling murah seharga Rp 1,2 juta untuk keberangkatan 6 April 2024.

(Sumber)