News

Komjen Irawan Dipreiksa Terkait Kasus Novel, Ini Profil dan Kiprahnya di Kepolisian

0

 

Komjen Mochammad Irawan disebut sebagai sosok yang diperiksa terkait kasus penyiraman air keras ke Penyidik KPK Novel Baswedan sebagai korbannya.

“Pak Mochammad Iriawan ya yang kita periksa. Karena Pak Mochammad Iriawan saat menjadi Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya beberapa kali bertemu dengan Novel Baswedan, ya kami periksa hubungannya apa, dalam rangka apa, dan sebagainya,” ujar Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta ( TGPF) Kasus Novel Baswedan, Hendardi seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/7/2019).

Selain Mochammad Iriawan, kata Hendardi, tidak ada lagi perwira tinggi Polri yang diperiksa pihaknya.

Meski demikian, Hendardi mengatakan Mochammad Iriawan diperiksa bukan berarti TGPF mencurigainya sebagai pelaku penyerangan Novel Baswedan.

“Bukan dalam rangka kita duga, bukan, tetapi kan waktu itu dia sebagai Kapolda mendatangi Novel Baswedan dan sebelum kejadian juga pernah bertemu. Itu yang kami gali,” ujar Hendardi.

“Kami enggak bisa menuduh orang atau menyangkakan maupun menilai orang kalau tidak ada bukti. Makannya kami gali apakah ada petunjuk dari Pak Mochammad Iriawan,” kata dia lagi.
Profil Mochammad Irawan

Komjen Mochamad Iriawan lahir di Jakarta, 31 Maret 1962 (umur 57 tahun) adalah perwira tinggi Polri yang sejak 8 Maret 2018 menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Adapun Mochamad Iriawan atau yang lebih akrab disapa Iwan Bule merupakan lulusan Akpol tahun 1984.

Selama karier kepolisian, Mochamad Iriawan lebih banyak bertugas dalam bidang reserse kriminal.

Kasus terkenal yang pernah ditanganinya yaitu pembunuhan kontroversial Nasrudin Zulkarnaen oleh tersangka Ketua KPK Antashari Azhar, saat Mochamad Iriawan masih menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berpangkat Komisaris Besar Polisi tahun 2008.

Pada tanggal 18 Juni 2018, Mochamad Iriawan dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat menggantikan Iwa Karniwa hingga 5 September 2018.

Selain itu, Mochamad Iriawan pernah menjadi Kapolda Jabar sejak 24 November 2013 hingga dia ditarik ke Mabes Polri sebagai Kadiv Hukum Polri, 5 Juni 215.

Sepak terjangnya semasa memimpin Polda Jabar pun tergolong cukup cemerlang.

Selain itu, Mochamad Iriawan juga dikenal keras dalam menerapkan disiplin terhadap anak buahnya. [tribunnews]

De Ligt Resmi Gabung, Skuat Super Juventus Segera Terwujud

Previous article

Kasasi Kedua ke MA Bisa Coreng Nama Baik dan Citra Prabowo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *