Wisata  

Ini 5 Masjid Dengan Bentuk Terunik di Indonesia: Bergaya Rusia Hingga Berbentuk Kapal

Sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid biasanya identik dengan bangunannya yang megah dan juga indah. Selain megah dan indah, ada pula masjid yang punya bangunan tak biasa atau unik.

Karena bentuknya yang unik tersebut, masjid-masjid ini enggak hanya jadi tempat ibadah tapi juga destinasi wisata religi. Mulai dari masjid yang terinspirasi dari Ka’bah hingga masjid yang berbentuk menyerupai kapal.
Berikut kumparan rangkum deretan masjid terunik yang ada di Indonesia.

1. Masjid Al Irsyad, Bandung


Terinspirasi dari bentuk Ka’bah di Makkah, keunikan masjid ini adalah bangunannya yang berbentuk menyerupai sebuah kubus. Terletak di Kota Bandung, masjid yang diarsiteki oleh mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini dikenal dengan nilai filosofinya yang tinggi.

Ini karena lanskap berbentuk garis-garis yang melingkar mengelilingi masjid merupakan representasi dari tawaf ketika mengelilingi Ka’bah.

Pada bagian dinding masjid kamu juga bisa menemukan kaligrafi tiga dimensi yang bertuliskan dua kalimat syahadat.

Karena keunikan dan keindahan arsitekturnya, masjid ini juga terpilih dalam bangunan terindah sedunia dalam kategori religious architecture Building of The Year pada 2010 oleh National Frame Building Association.

2. Masjid 99 Kubah, Makassar


Sesuai namanya, masjid ini memiliki kubah sebanyak 99. Angka 99 yang ada pada nama masjid ini juga diambil dari Asmaul Husna, yang mana angka tersebut merupakan jumlah dari nama Allah.

Maka jangan heran kalau ternyata masjid ini tidak hanya menjadi simbol baru di Makassar, tetapi juga menjadi salah satu dari 30 terunik yang ada di dunia.
Mengutip laman masjid99asmaulhusna.sulselprov.go.id, masjid ini memiliki kubah yang sengaja ditata bertingkat dengan warna dominan nya yakni jingga, kuning dan juga merah. Masjid ini juga dapat menampung jemaah salat kira-kira hingga sepuluh ribuan.

Ketika malam datang, warna nyentrik pada kubah akan semakin cantik, sebab kubah akan diterangi oleh lampu yang memang sengaja diarahkan ke kubah.

Tidak sampai di situ, masjid yang kini menjadi simbol Kota Makassar itu juga memiliki air mancur yang cantik. Kamu bisa menikmati atraksi air mancur yang akan muncul setelah matahari terbenam selama 30 menit.

3. Masjid Raya Sumatra Barat, Padang


Uniknya, tak seperti masjid pada umumnya, Masjid Raya Sumatera Barat justru tak memiliki kubah, melainkan hanya memiliki atap khas budaya Minangkabau. Bagian atapnya memiliki desain Rumah Gadang dengan empat sudut lancip, sedangkan bangunannya berbentuk gonjong.

Tak hanya itu, bangunan masjid juga dirancang khusus untuk tahan terhadap gempa bumi hingga 10 magnitudo sehingga digunakan untuk shelter atau lokasi evakuasi bila sewaktu-sewaktu terjadi bencana.

Terdiri dari tiga lantai, lantai pertama digunakan sebagai tempat wudu dan tempat tambahan jika pada lantai utama para jemaah sudah penuh. Lantai dua adalah ruang utama dalam masjid yang digunakan sebagai tempat utama salat berjemaah. Sedangkan lantai tiga juga bisa difungsikan sebagai tempat alternatif untuk para jemaah salat, atau sebagai tempat istirahat.

4. Masjid An-Nurumi, Yogyakarta

Masjid yang tak kalah unik berikutnya adalah Masjid An-Nurumi yang terletak di Yogyakarta. Masjid ini memiliki bentuk kubah yang menyerupai ikon kota Moskow di Rusia.

Kubahnya yang berwarna-warni menyerupai lolipop dan bergaya arsitektur Rusia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jemaah atau wisatawan.

Walaupun ukurannya yang tidak terlalu besar, masjid ini mampu memberikan keteduhan bagi jemaah yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.

5. Masjid Kapal, Semarang


Masjid yang dibangun pada 2015 ini sebenarnya bernama Masjid Safinatun Najah. Keunikan masjid ini adalah bangunannya yang menyerupai sebuah kapal.

Karena arsitekturnya tersebut, Masjid Safinatun Najah juga dikenal dengan sebutan masjid kapal Bahtera Nabi Nuh.
Mengutip beberapa sumber, terdapat filosofi khusus kenapa masjid ini berbentuk menyerupai kapal Nabi Nuh.

Sesuai namanya, Safinatul Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir. Oleh sebab itulah masjid ini dibuat menyerupai kapal Nabi Nuh.
Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid ini pun dikelilingi dengan kolam air.
Hal itu dibuat agar bangunan masjid seolah mengambang di atas air dan juga berguna untuk membersihkan kaki Jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

Masjid ini, terdiri dari empat lantai. Di lantai pertama berfungsi sebagai ruang pertemuan, sedangkan lantai dua dan tiga merupakan tempat ibadah. Sedangkan di lantai empat berfungsi sebagai tempat wisata untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.