News  

BUMN Ini Bakal Jual 5 Jalan Tol di Akhir 2019

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menargetkan bisa melepas kepemilikan (divestasi) saham di lima ruas tol pada semester II 2019. Perseroan telah memasuki tahap uji tuntas (due diligence) dengan dua investor, meski enggan menyebutkan identitasnya lebih rinci.

Direktur Keuangan Waskita Karya Haris Gunawan mengungkapkan perseroan sebenarnya telah mengantongi izin divestasi untuk sembilan ruas jalan tol. Namun baru akan dieksekusi sebanyak lima ruas tahun ini.

“Hal yang jelas dua investor sudah serius, satu sudah advance (berpengalaman) ini menjadi target tahun ini. Jadi kami harapkan 4-5 ruas itu akan dieksekusi di semester II 2019,” katanya, Selasa (20/8).

Rencana divestasi jalan tol sebetulnya sudah digaungkan perseroan sejak dua tahun silam. Perusahaan dengan kode saham WSKT itu berencana melakukan divestasi melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR).

Haris bilang molornya aksi korporasi itu disebabkan perseroan dan investor tak menemukan kesepakatan valuasi. Namun, ia masih bungkam lima ruas tol yang bakal dilepas perseroan di tahap pertama ini beserta valuasinya.

Ia hanya merinci sembilan ruas tol yang mendapatkan izin divestasi meliputi Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Semarang-Batang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), ruas tol di Sumatera, dan ruas tol yang dimiliki bersama PT PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT).

Dari daftar itu, ia memastikan Tol Becakayu tak masuk dalam lima tol yang akan dilepas pada tahun ini.

Kantongi Dana Rp30 Triliun

Haris menambahkan perseroan akan mengantongi dana dari proyek dengan skema turnkey sebesar Rp26 triliun-Rp30 triliun.

Turnkey atau Contractors Pre Financing (CPF) adalah skema pengerjaan proyek yang pembayarannya diberikan oleh pengembang atau pemilik proyek setelah pengerjaannya selesai.

Ia menyebut beberapa proyek dengan skema turnkey yang digarap perseroan antara lain, tol layang Jakarta-Cikampek, ruas tol di Sumatera, dan Light Rail Transit (LRT) Palembang.

Untuk tol di Sumatera, sambung dia, diprediksi rampung 100 persen pada bulan ini. Selanjutnya, perseroan akan mengajukan proses audit kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna mendapatkan pembayaran.

“Target kami di semester II ini. Kami memproyeksikan November atau Desember bisa cair Rp12 triliun-Rp13 triliun,” katanya.

Sedangkan untuk proyek LRT Palembang,lanjutnya, Waskita Karya tengah mengajukan tagihan sebesar Rp2,3 triliun.

Skema turnkey membuat perseroan harus mengeluarkan modal besar di awal, sehingga tidak mengherankan jika liabitasnya meningkat di semester I 2019.

Mengutip laporan keuangan perseroan, liabilitas naik 8,6 persen dari Rp95,5 triliun menjadi Rp103,71 triliun. Rinciannya, liabilitas jangka pendek sebesar Rp56,61 triliun dan jangka panjang sebesar Rp47,1 triliun. [cnnindonesia]