Golkar Ajukan Bamsoet Jadi Kandidat Pimpinan MPR

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily membenarkan bahwa Bambang Soesatyo menjadi salah satu kandidat yang diajukan sebagai pimpinan MPR periode 2019-2024.

Nama Bambang Soesatyo telah dicalonkan sebagai kandidat dalam Rapat Koordinator Bidang DPP Partai Golkar. Selain Bambang, ada pula nama lain yang muncul sebagai kandidat, yakni Zainuddin Amali dan Idris Laena.

“Iya salah satu yang disebut-sebut adalah nama pak Bambang Soesatyo,” ujar Ace saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Kendati demikian, kata Ace, Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar belum memutuskan secara resmi terkait nama yang akan diajukan sebagai calon pimpinan MPR.

Rencananya, DPP Partai Golkar akan menggelar rapat internal setelah pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 pada Selasa (1/10/2019).

“Tapi kan secara resmi nanti ada keluar SK dari Fraksi Golkar di MPR terkait nama tersebut,” kata Ace.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan revisi Undang-undang (RUU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) menjadi Undang-undang.

Revisi ketiga untuk undang-undang ini menghasilkan ketentuan baru. Salah satunya, pimpinan MPR bertambah sesuai dengan jumlah fraksi yaitu 10 fraksi

Pasal 15 Ayat 1 UU MD3 yang telah direvisi menyatakan, pimpinan MPR terdiri atas Ketua dan Wakil Ketua yang merupakan representasi dari masing-masing fraksi dan kelompok anggota yang dipilih dari dan oleh anggota MPR. [kompas]