Bos Gojek Nadiem Makarim Hadir di Istana, Jadi Menteri Digital?

Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden RI setelah mengucapkan sumpah jabatan pada Minggu (20/10/2019).

Rencananya pembantu presiden atau menteri akan diumumkan hari ini. Salah satu yang sudah hadir dengan menggunakan kemeja putih ke istana adalah Bos Gojek, Nadiem Makarim.

Nadiem tiba pukul 10.15 WIB mengenakan kemeja putih panjang dan langsung mengendarai mobil golf (golf car). Berdasarkan informasi yang dibisikkan sumber CNBC Indonesia, Nadiem Makarim akan menempati posisi Menteri Digital dan Ekonomi Kreatif.

“Saya dipanggil ke Presiden,” ujar Nadiem singkat waktu ditanya alasan hadir di Istana Presiden, Senin (21/10/2019).

Siapa Nadiem? Nadiem identik dengan Gojek. Dibentuk hampir satu dekade lalu, perusahaan rintisan yang dibangun oleh Nadiem dan kawan-kawan kini telah menjadi Decacorn, sebuah julukan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar.

Sepak terjang Gojek pun tak cuma di dalam negeri, aplikasi ini tengah berupaya ekspansi ke Malaysia. Sebelumnya, mereka sukses merambah bisnis ke Singapura, Vietnam dan Thailand.

Lahir di Singapura pada 1984, Nadiem kini berusia 35 tahun. Beberapa waktu lalu, Nadiem sempat ditanya perihal kans dirinya menjadi menteri. 

”Mohon maaf saya enggak ada komentar,” ujarnya di acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 di ICE BSD, Kamis (18/7/2019).