Ini 3 Klub Pesaing Persib di Asia Challenge 2020

Persib Bandung termasuk dalam klub yang diumumkan Selangor FA untuk turnamen Asia Challenge 2020.

Dalam konferensi pers, Sabtu (14/12/2019), Sekretaris Jenderal Selangor FA, Johan Kamal Hamidon mengungkapkan bahwa tiga klub Asia Tenggara telah menerima undangan untuk ambil bagian dalam turnamen Asia Challenge.

Turnamen yang diikuti empat tim tersebut akan diselenggarakan pada 18 dan 19 Januauri 2020.

Keempat tim tersebut ialah, sang tuan rumah Selangor FA (Malaysia), Bangkok United (Thailand), Hanoi FC (Vietnam), dan Persib Bandung. Selangor FA adalah klub Liga Malaysia yang memiliki sejarah panjang.

Mantan klub Andik Vermansah itu tercatat telah meraih enam gelar Malaysia League, lima gelar FA Cup, dan 33 trofi Malaysia Cup. Lalu Bangkok United merupakan tim yang finis tiga besar liga kasta teratas Liga Thailand musim ini.

Selain itu Bangkok United pernah menjuarai Thai League 1 musim 2006. Sedangkan Hanoi FC merupakan juara V League 1 musim 2019. Tercatat Hanoi FC sudah mengemas lima trofi V League 1.

Johan Kamal Hamidon pun menjelaskan alasan diundangnya Hanoi FC, Bangkok United, dan Persib Bandung. “Dengan Hanoi, mereka merupakan klub terbaik di Vietnam,” kata Johan, dikutip dari Goal Malaysia.

“Kami awalnya mengamankan Buriram United untuk Thailad, tetapi mereka kehilangan gelar pada hari terakhir Thai League 1 dan harus bermain di play-off Liga Champions Asia.”

“Jadi mereka harus mundur dari turnamen. Bangkok United adalah pilihan kedua kami karena mereka konsisten di liga, menyelesaikan liga di tiga besar,” katanya.

Untuk Persib Bandung, Selangor memiliki tim besutan Robert Rene Alberts itu karena memiliki sejarah.

“Sedangkan untuk Persib, ini agak sulit. Mereka tidak memenangkan Liga Indonesia 2019, tetapi kami memiliki mereka karena kami ingin klub dengan jenis sejarah yang dimiliki Selangor,” kata Jamal.

“Kami ingin Persib karena kami ingin pertandingan dihadiri oleh kerumunan besar; kita tahu mereka memiliki kelompok penggemar di Malaysia,” katanya.

Selanjutnya, Johan Kamal Hamidon menjelaskan tujuan Selangor FA mengadakan turnamen.

“Salah satu dari tujuan dari turnamen untuk Selangor adalah menunjukkan aspirasi kami menjadi salah satu klub terbaik Asia. Ini ada cara; langkah pertama dalam membuat kehadiran kami terasa di Asia,” kata Johan.

Selain itu, turnamen ini menjadi salah satu persiapan Selangor untuk menghadapi musim mendatang. {bolasport}