Demokrat: Tak Aneh Anies Jadi Kepala Daerah Paling Responsif Tangani COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati rangking pertama sebagai kepala daerah paling responsif menangani pandemik virus Corona Baru (Covid-19) berdasarkan hasil survei Median.

Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) DPP Partai Demorat, Taufiqurrahman mengatakan, bukan hal yang aneh sebetulnya jika Gubernur DKI menempati posisi teratas.

Hal itu lantaran Anies Baswedan paling pertama bereaksi atas adanya ancaman pandemik Covid-19 di Ibukota.

“Bahkan jika kita flashback bulan lalu, saat Gubernur DKI mulai mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan kegiatan murid di sekolah dan mengurangi jadwal dan operasional public transport di Jakarta, tidak sedikit yang mengkritik dan menyerang termasuk hambatan beberapa pihak di pusat,” ujarnya kepada redaksi, Senin (27/4).

Taufiqurrahman melanjutkan, meski sebelumnya mendapat hambatan namun akhirnya semua pihak mengikuti langkah strategis yang dilakukan oleh Gubernur DKI.

“Itulah yang disebut dengan istilah benchmark,” ungkap mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD 2017-2019 itu.

“Tapi anehnya mengapa pemerintah pusat tidak disebut di dalam survei itu ya? Mungkin karena ujung tombak penanganan Covid-19 ini ada pemerintah daerah, bukan di pemerintah pusat?,” sindir Taufiqurrahman.

Untuk diketahui, berdasarkan survei Median, Anies Baswedan berada di peringkat pertama dengan persentase 24,1 persen.

Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan persentase 9,6 persen, Gubernur Jabar Ridwan Kamil (8,9 persen), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (8 persen), dan terakhir Walikota Surabaya Tri Rismaharini (3,7 persen). {rmol}