Rekam Jejak Anthony Ginting Hadapi Top 5 Pebulutangkis Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting memiliki rekam jejak baik ketika menghadapi top 5 tunggal putra kecuali dengan Kento Momota. Anthony Sinisuka Ginting merupakan salah satu pebulu tangkis unggulan tunggal putra Indonesia.

Sebagai pemain top, sudah bukan rahasia umum jika Anthony menjadi tulang punggung perwakilan Tanah Air untuk meraih trofi. Usaha pemain berusia 23 tahun ini untuk mendapat sebuah piala juga tak semudah membalikkan tangan.

Sebab dia sering bertemu pemain-pemain berstatus unggulan dalam sebuah turnamen. Sehingga hasil yang diperoleh Anthony pun bervariasi seperti kalah dan menang.

Oleh sebab itu, BolaSport.com akan mengulas mengenai rekam jejak Anthony ketika menghadapi top 5 tunggal putra menurut data BWF Badminton.

Anthony saat ini adalah pemain dengan peringkat keenam tingkat dunia versi BWF. Adapun lima pemain terbaik tunggal putra yang dipilih itu berdasarkan update ranking terakhir pada 17 Maret 2020.

Lima pemain tersebut antara lain Kento Momota (Jepang/1), Chou Tien Chen (Taiwan/2), Anders Antonsen (Denmark/3), Viktor Axelsen (Denmark/4), dan Chen Long (China/5).

Berikut daftar rekam jejak Anthony selama menghadapi lima pemain unggulan:

1. Kento Momota

Pertemuan antara Anthony dan Kento Momota selalu menghadirkan pertandingan yang menarik. Kata atau tagar Momogi pun kerap menghiasi laman sosial media Twitter ketika keduanya bertemu di lapangan.

Momogi sendiri adalah singkatan dari Momota Ginting yang mengindikasikan nama mereka berdua. Meski dinyatakan seru, Anthony kerap terjegal setiap kali melawan Momota.

Hal tersebut diketahui dari catatan pertemuan Anthony dan Momota yang mencapai 15 kali. Dalam catatan itu, Anthony hanya mampu meraih 4 kemenangan dan sisanya dikalahkan Momota.

2. Chou Tien Chen

Sebenarnya pertemuan antara Anthony dan Chou Tien Chen juga sengit. Sebab kedua pebulu tangkis tersebut kerap menjual beli kemenangan setiap bertemu. Alhasil catatan pertemuan antara Anthony dan Chou kini berjumlah 11 kali.

Dari jumlah tersebut, Anthony sukses unggul satu kemenangan dibandingkan Chou. Anthony meraih 6 kemenangan, sedangkan Chou memiliki sisanya dengan lima kali.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di babak penyisihan BWF World Tour Finals 2019. Dalam turnamen itu, Anthony menerima kekalahan dari Chou dengan skor 21-11, 15-21, 23-25.

3. Anders Antonsen

Anthony pernah menderita kekalahan dari Momota dan Chou sepanjang kariernya.

Akan tetapi, Anthony justru mendominasi setiap kali bertemu Anders Antonsen.

Sejauh ini, kedua pebulu tangkis tersebut sudah 3 kali bertemu. Hasilnya adalah Anthony selalu memenangkan pertandingan ketika menghadapi Antonsen.

Pertemuan terakhir antara keduanya pun terjadi di Indonesia Masters 2020. Kala itu, Anthony sukses menggondol trofi pertamanya pada 2020 dengan mengalahkan Antonsen 17-21, 21-15, 21-9.

4. Viktor Axelsen

Dalam empat pertemuan awal, Anthony dan Viktor Axelsen selalu bergantian untuk mendapat menang. Setelah bertemu pada babak penyisihan BWF World Tour Finals 2019, Anthony menjadi unggul meraih kemenangan atas Axelsen.

Sampai saat ini, Anthony dan Axelsen sudah bertemu 6 kali. Anthony empat kali meraih hasil positif, sedangkan Axelsen hanya dua kali menang.

Pertemuan terakhir antara Axelsen dan Anthony terjadi di semifinal Indonesia Masters 2020. Kendati sempat bertanding secara sengit, Anthony dinyatakan menang atas Axelsen dengan skor 22-20, 21-11.

5. Chen Long

Anthony lebih sering memetik kemenangan jika menghadapi Chen Long. Pemain klub SGS PLN Bandung ini sudah bertemu 12 kali dengan Long.

Sejauh ini, Anthony sukses 8 kali menang dan sisanya 4 kali milik Long. Pertemuan terakhir antara Anthony dan Long terjadi pada BWF World Tour Finals 2019.

Keduanya pun bertemu sebanyak dua kali di turnamen tersebut pada babak penyisihan dan semifinal. Meski bertemu dua kali, Anthony tetap berhasil memenangi di setiap pertemuan pada turnamen tutup tahun BWF tersebut. {bolasport}