Konflik Kepentingan Kartu Prakerja, CBA: Ada Sedikit Jejak Keluarga Petinggi Golkar

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menyebut dugaan semakin  terang benderang bahwa program Kartu Prakerja rawan dengan konflik kepentingan.

Ketika ditanya kepentingan pihak mana? Uchok menyebut, ada sedikit jejak keluarga petinggi politisi Partai Golkar dalam salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk menjalankan pelatihan Kartu Prakerja tersebut.

Seperti diketahui, ada delapan mitra pelatihan Kartu Pra Kerja, yaitu Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Sekolahmu, Pijar Mahir, Sisnaker, Pintaria. Perusahaan mitra yang mana yang dimaksud Uchok?

“Sebagai bukti permulaan, tim kami berhasil menelusuri adanya hubungan kepentingan salah satu perusahaan, yaitu Bukalapak, dengan pejabat tinggi Partai Golkar. Dalam akta perusahaan yang kami dapatkan, tampak ada nama Pandu Satria Sjahrir sebagai pemilik saham di PT Bukalapak,” ungkap Uchok.

Siapakah gerangan Pandu Patria Sjahrir, atau yang biasa dikenal sebagai Pandu Sjahrir? Pengusaha muda ini adalah keponakan kandung dari Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain menjadi pemilik saham Bukalapak, Pandu Sjahrir juga menjabat sebagai CFO dari Toba Bara Sejahtera, grup perusahaan tambang batu bara milik Luhut Binsar Pandjaitan.

Sementara Luhut Binsar Pandjaitan saat ini selain menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, adalah juga Ketua Dewan Pembina Partai Golkar. Di sinilah letak konflik kepentingannya, demikian menurut Uchok.

“Jadi penanggung jawab program ini adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang sekaligus Ketua Umum Golkar, sementara salah satu perusahaan yang ditunjuk sebagai mitra adalah milik keponakan kandung Ketua Dewan Pembina Golkar,” jelasnya.

Berdasarkan penelusurannya juga, kedekatan Airlangga Hartarto dan Golkar dengan Bukalapak seperti sudah terjalin dengan cukup erat sejak lama.

Uchok menunjukkan sebuah kliping berita online tanggal  23 Mei 2018, di suatu acara Relawan Golkar Jokowi (Gojo) yang dihadiri Airlangga Hartarto (sebelum menjadi Menko Perekonomian) dan Presiden Jokowi yang menghadirkan juga Bukalapak, Airlangga diberitakan menyanjung-nyanjung Bukalapak di hadapan Presiden Jokowi.

Menurut Uchok Sky, agar nanti masyarakat tidak semakin mencurigai Program Kartu Prakerja hanya menguntungkan kelompok tertentu, sebaiknya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) segera masuk untuk melakukan audit dalam penggunaan dana pelatihan Kartu Pra Kerja yang sebesar Rp 5,6 triliun ini. {timesindonesia}