Beri Waktu Sepekan Rombak Kabinet, PKS: Jika Tidak, Berarti Omdo!

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengatakan bahwa partainya sangat menunggu keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk rombak kabinet. Mardani memberi Jokowi tenggat waktu merombak kabinet dalam waktu sepekan.

“Kalau dalam seminggu ini enggak ada kabar, berarti Pak Jokowi cuma omdo (omong doang),” ujar Mardani dalam diskusi daring, Sabtu, 4 Juli 2020.

Menurut Mardani, setidaknya menteri yang dinilai mendesak layak diganti adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Sosial Juliari Batubara karena kinerja mereka tidak memuaskan di tengah pandemi ini.

Isu rombak kabinet ramai dibicarakan setelah video kemarahan Presiden Jokowi terhadap jajaran menterinya diunggah pada 28 Juni lalu di Youtube resmi Sekretariat Presiden atau 10 hari setelah pidato itu disampaikan dalam Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni 2020.

Dalam video berdurasi 10 menit itu, Jokowi menegur keras jajaran menterinya yang disebutnya belum satu perasaan mengenai sense of crisis terhadap Covid-19.

Jokowi mengatakan tak ada kemajuan signifikan yang dilakukan para menterinya dalam menanggulangi pandemi ini. Jokowi mengancam akan membubarkan lembaga atau rombak kabinet jika diperlukan. {tempo}