Gantikan Ricciardo di Renault, Fernando Alonso Resmi Comeback ke F1

Teka-teki soal pengganti Daniel Ricciardo di Tim Renault untuk Formula One (F1) 2021 akhirnya terjawab. Renault resmi merekrut kembali Fernando Alonso yang sejatinya sudah pensiun dari F1 pada 2018.

Kabar ini secara resmi diumumkan Renault pada Rabu (8/7/2020) malam WIB di laman dan media sosial resmi tim. Pihak Renault mengonfirmasi untuk merekrut Alonso dan menduetkannya bersama Esteban Ocon.

Dengan begitu, Alonso dipastikan comeback ke F1. Sebelum memutuskan pensiun, pembalap asal Spanyol itu diketahui pernah membela Renault dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni sejak 2001-2006 dan 2008-2009.

Bersamanya, Renault pun bisa menuai hasil manis. Pada 2005 dan 2006, Alonson berhasil menyegel gelar juara F1. Kini, catatan manis itu pun bertekad kembali diulang Renault dengan merekrut lagi salah satu pembalap terbaiknya.

Selama mentas di F1 sendiri, Alonson diketahui berhasil meraih 32 kemenangan dan 97 podium dari 314 Grand Prix yang dijalani bersama berbagai tim. Alonso direkrut untuk menggantikan Ricciardo yang akan membela McLaren mulai musim depan.

“Fernando (Alonso) adalah pembalap hebat yang kembali ke F1. Ia memiliki pengalaman lain dan bersedia membangun dengan tim yang sangat dicintainya.”

“Prinsip kerja dan kecerdikan serta DNA Alonso yang ditentukan oleh keuletan dan bakat murni membuat keputusan ini jelas,” bunyi pernyataan Renault di laman resminya, Rabu (8/7/2020).

“Dia akan menjadi aset besar dalam upaya untuk memenangkan kembali gelar dan akan memberi makna pada komitmen Renault ke tingkat tertinggi motorsport.”

“Keinginannya adalah untuk membangun sebuah tim di sekitar dua pembalap yang saling melengkapi, menggabungkan pengalaman dan pemuda, serta menggabungkan nilai-nilai dan bakat mereka dalam pelayanan proyek,” tutup pernyataan tersebut. {okezone}