Menangi F1 GP Hungaria 2020, Hamilton: Salah Satu Balapan Favorit Saya

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, memenangi Formula One (F1) GP Hungaria 2020. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Minggu 19 Juli 2020 itu, Hamilton berada di possi pertama sejak awal hingga garis finis.

The Boss -julukan Hamilton- memaksimalkan pole position yang ia dapat dari kualifikasi. Sakadar informasi, pole position itu merupakan torehan ke-90 Hamilton sepanjang kariernya di ajang balap jet darat tersebut.

Hamilton tidak menyia-nyiakan pole position ke-90 itu. Pembalap berpaspor Inggris tersebut memacu mobil Mercedes sehingga tercipta jarak yang cukup jauh dengan para pembalap lain di belakangnya.

Lance Stroll (Racing Point) yang memulai balapan di posisi kedua berusaha mengejar Hamilton. Akan tetapi, usaha Stroll tidak maksimal karena ia harus bertarung dengan Max Verstappen (Red Bull Racing) yang berada di belakangnya.

Seiring jumlah lap yang bertambah, komposisi para pembalap di belakang Hamilton berubah. Verstappen mampu naik ke posisi kedua, sedangkan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, kini berada di tempat ketiga.

Bottas yang pada awal balapan sempat tercecer ke belakang, bisa memulihkan posisinya dengan sangat baik. Pembalap berpaspor Finlandia itu pun terlibat pertarungan sengit dengan Verstappen untuk memperebutkan posisi kedua.

Usaha Bottas sayangnya tidak berbuah manis, karena Verstappen mampu mengatasi tekanan darinya dengan cukup baik. Bottas harus rela finis di posisi ketiga di belakang Verstappen. Sementara itu, kemenangan menjadi milik Hamilton.

Meski terlihat cukup mudah memenangkan balapan, Hamilton ternyata juga menghadapi tantangan di F1 GP Hungaria 2020. Hanya saja tantangan yang Hamilton hadapi berbeda dari pembalap lain.

Jika para pembalap lain berusaha mengejar posisi pertama, Hamilton justru berusaha mempertahankannya.

“Balapan yang luar biasa. Sejujurnya, itu adalah salah satu favorit dari semua yang pernah saya ikuti, meskipun saya sendirian untuk mayoritas balapan, itu adalah jenis tantangan yang sangat berbeda dan saya berusaha keras di posisi pertama, terutama untuk mencatatkan waktu tercepat pada lap terakhir,” kata Hamilton, menyadur dari laman resmi Mercedes, Senin (20/7/2020).

Kemenangan itu menegaskan kehebatan Hamilton di Sirkuit Hungaroring. Hamilton pun mencatatkan rekor sebagai pembalap yang paling sering memenangkan balapan di satu sirkuit. The Boss sudah delapan kali menjadi yang tercepat di Sirkuit Hungaroring.

Selain Hamilton, pembalap lain yang juga memegang rekor serupa adalah legenda hidup F1, Michael Schumacher. Schumacher meraih delapan kemenangan di Sirkuit Magny-Cours, Prancis. {okezone}