Jika Lulus Ujian Corona, Nasdem: Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil Bisa Melenggang di 2024

Dari segi politik, pandemi corona dianggap menjadi panggung bagi sejumlah kepala daerah untuk menunjukkan kualitas kepemimpinan mereka. Bahkan tak sedikit yang mengaitkan cara menangani wabah corona dengan peluang maju di Pilpres 2024.

Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa menilai, ada 3 kepala daerah yang menonjol selama wabah corona. Ketiganya juga menjadi calon potensial di Pilpres 2024.

Ketiga kepala daerah itu adalah Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Jadi 3 kepala daerah ini, dalam perspektif elite, yang hari ini punya potensi di 2024 yang akan datang,” kata Saan dalam acara rilis survei Lembaga Indikator secara virtual, Kamis (20/8).

“Mereka lebih prepared, melihat gaya kepemimpinan mereka, maupun kekuatan mereka dalam mengkonsolidasikan potensi menangani COVID-19 maupun kemampuan mereka untuk mengkomunikasikannya,” lanjut Saan.

Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi NasDem ini lantas menyebut pandemi corona sebagai ujian juga bagi ketiganya. Jika berhasil mengatasinya dengan baik maka baik Ganjar, Anies, maupun Ridwan Kamil akan mudah masuk bursa Pilpres 2024.

“Kalau kita lihat di publik yang menonjol, ya mereka 3 itu. Relatif menurut saya punya kemampuan dalam mengelola pandemi dibandingkan yang lain,” ujarnya.

“Ini masih panjang dan mereka akan diuji. Kalau 3 orang ini mampu lolos ujian pandemi ini, mampu memberikan tingkat kepuasan pada masyarakat, mudah-mudahan 3 kepala daerah ini melenggang di 2024 akan berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Saan menjelaskan, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin seperti Ganjar, Anies, maupun Ridwan Kamil. Khususnya di tengah wabah corona. “Kita membutuhkan mereka untuk bisa terus menerus mengolah daerah agar bisa atasi krisis dengan baik,” pungkasnya. {kumparan}