Mengetahui Ukuran Lapangan Bulutangkis Standar Internasional

UKURAN lapangan bulu tangkis sudah ada pakem atau aturannya. Mungkin banyak orang gemar bermain bulu tangkis, tetapi belum mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis ini.

Secara umum, lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang. Lapangan tersebut kemudian terbagi menjadi dua bidang permainan yang nantinya akan diisi oleh masing-masing pemain. Ada pun, net akan membatasi dua area tersebut. Tinggi tiang net adalah 1,55 meter.

Menurut standar internasional, ukuran panjang keseluruhan dari lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter. Sementara untuk lebar keseluruhan, lapangan bulu tangkis memiliki ukuran 6,10 meter.

Setiap bidang lapangan memiliki memiliki tempat untuk melakukan servis dan juga menerima servis. Untuk jarak garis servis depan dengan net adalah 1,98 meter. Bagian servis juga dibatasi dengan garis samping lapangan seukuran 3,05 meter.

Ketentuan servis permainan tunggal dan ganda berbeda. Tentu saja, aturan ini berlaku karena penguasaan lapangan pemain tunggal dan berbeda juga berbeda.

Untuk permainan ganda, luas lapangan lebih mengarah ke belakang. Jarak servis bagian belakang dengan garis belakang sendiri adalah 0.76 meter.

Sementara pada nomor tunggal, luas lapangan lebih mengarah ke samping. Jarak garis samping permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan adalah 0,46 meter.

Selain itu, bulu tangkis internasional memberlakukan tentang lapangan yang harus dilapiisi karpet karet. Ini ditujukan untuk menghindari adanya risiko cedera yang parah dari para pemain.

Warna karpet yang digunakan pada umumnya adalah hijau. Namun begitu, pada ajang World Tour Finals 2019 yang berlangsung di Guangzhou, China sempat menggunakan karpet berwarna merah. {okezone}