Kualitas Tidur Pengaruhi Kualitas Seks

Kualitas Seks

Jika Kamu memiliki kehidupan seks yang tidak berkualitas, atau intensitasnya semakin jarang, jangan-jangan Kamu memiliki masalah dengan tidur. Tidur dan seks merupakan dua hal yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain. Kualitas tidur mempengaruhi kualitas seks.

Pakar seks Laurie Mintz mengungkapkan dua hal yang sering dilupakan yakni seks dan tidur. Orang yang memiliki kualitas seks yang jelek umumnya disebabkan karena faktor tidur. Orang yang memiliki kualitas tidur yang tidak cukup, mereka juga akan memiliki kualitas kehidupan seks yang merana.

“Banyak orang dewasa tidak bisa mendapatkan tidur cukup. Akibatnya separuh perempuan dan sepertiga lelaki memiliki gangguan kehidupan seks mereka,” kata Larie, penulis buku Becoming Cliterate, dilansir The Sun pada Selasa (13/3).

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine mengindikasi perempuan yang tidur lebih lama satu jam akan memiliki kualitas seks 14 persen lebih baik pada hari berikutnya. Orang yang memiliki tidur baik akan memiliki tingkat libido yang baik.

Jika orang kurang tidur, maka otak akan mengeluarkan hormone cortisol yang menyebabkan stress. Orang kurang tidur juga menurunkan produksi hormone testosterone yang memainkan peranan penting dalam kehidupan seks.

“Jika tidur berdampak pada seks, demikian juga sebaliknya,” jelasnya.

Laurie juga menyarankan agar pasangan selalu menjadi tempat tidur sebagai fasilitas paling nyaman untuk tidur dan bercinta.