Ngotot Duetkan Puan-Anies di Pilpres 2024, Effendi Simbolon: Masa Kita Jadi Cawapres?

Politikus PDIP Effendi Simbolon berkukuh mendorong duet Puan Maharani-Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024. Menurutnya, sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi seharusnya PDIP menjadi capres, bukan cawapres.

“Saya pribadi mendorong untuk Mbak Puan itu sebagai capres, ya. Tentu, kan, dengan [elektabilitas PDIP] angka 22 [persen], bahkan ada berbagai survei ada 24, 26 persen, ya, masa kita jadi orang nomor duanya jadi cawapres, belum wapres lagi, cawa masih calon lagi. Itu, kan, kesannya kita, kok, tidak percaya diri bertanding,” kata Effendi dalam survei Parameter Politik Indonesia, (5/6).

“Untuk apa wong politik itu untuk berkuasa, kok. Ketika berkuasa baru kita menerapkan program untuk kepentingan rakyat,” jelasnya.

Menurut anggota Komisi I DPR itu, kemungkinan besar PDIP akan mengusung Puan pada Pilpres 2024. Dia menyebut Puan memiliki cukup waktu untuk mendongkrak elektabilitasnya sebelum Pilpres 2024.

Apalagi dengan jabatan Puan sebagai Ketua DPR dinilai mampu mendongkrak popularitas. Ia pun menyinggung sosok yang disebut sebagai ‘Mas dari Jateng’ yang dianggap hanya bisa sampai tingkat menteri.

“Kenapa, sih, kita lihat saja, masa tak kenal maka tak sayang, sih, enggak mungkinlah orang semuanya membuat prediksi atau persepsi yang negatif ke Mbak Puan.

Jadi saya tidak ingin komentari yang satu lagi. Kalau realitanya di partai saya melihat kemungkinan terbesar itu Mbak Puan. Kalau Mas yang dari Jateng, saya kira paling, ya, sampai tingkat nanti jadi menteri,” ucap Effendi.

Effendi pun menuturkan usulannya untuk mendorong Puan-Anies bukan hanya sekadar asal bunyi. Saat ini, kata dia, partai menanti keputusan Ketum Megawati Soekarnoputri dan kesediaan Puan Maharani.

“Saya bukan asbun. Ini, kan, masalahnya saya enggak tahu Mbak Puan mau apa enggak. Kalau enggak mau, ya, sudah jangan lakukan, enggak apa-apa.

Tetapi kalau mau, walaupun belum ada keputusan dari Ibu [Megawati], ya, kita jalan dulu menyapa untuk test the water melihat kondisi di berbagai Indonesia barat, tengah, dan timur,” ucapnya.

Lebih lanjut, kombinasi Puan-Anies dinilai Effendi serasi untuk maju di Pilpres 2024. Sebab, Anies dinilai merupakan seorang yang intelektual dan didukung kelompok religius. Sementara Puan merupakan seorang nasionalis yang memiliki cukup pengalaman. {kumparan}