News  

Viral! Dalam 3 Hari, Bule Prancis Ini Sukses Angkut 1,6 Ton Sampah Dari Gunung Rinjani

Aksi bule Prancis yang mengangkut sampah dari Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), viral di media sosial. Pria yang diketahui bernama Benjamin Ortega, itu berhasil mengumpulkan 1,6 ton sampah dari Gunung Rinjani.

Dikutip dari akun Instagram pribadinya @benjaminortega, pria tersebut berhasil mengumpulkan 1,6 ton sampah dari Gunung Rinjani dalam waktu 72 jam. “72 jam dan 1,603 ton sampah diambil kemudian kami kembali dari ekspedisi kecil kami!,” tulis Ortega.

Tak sendiri, Ortega menyebut bahwa aksi tersebut dilakukan bersama @greenrinjani_, salah satu tur operator di Gunung Rinjani. Bahkan, sebelum beraksi, keduanya mengumpulkan dana untuk bisa membayar porter.

Mereka mengumpulkan dana dengan menjual baguette, roti khas Prancis, secara online, dan berhasil terjual sebanyak 2,3 ribu roti. Dari hasil penjualan roti, mereka bisa membayar 50 orang porter.

“Saya tidak pernah berpikir kami bisa mewujudkannya secepat ini dan saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada @greenrinjani_ yang berhasil menemukan 50 porter legendaris itu dan merencanakan makanan, tiket taman nasional, dan asuransi untuk semua orang!” lanjut Ortega.

Aksi Agar Gunung Rinjani Lebih Bersih

Ortega mengatakan, aksinya tersebut dilakukan semata-mata agar Gunung Rinjani lebih bersih dan bebas dari sampah. Ia juga sempat bertemu dengan pengelola Badan Taman Nasional Gunung Rinjani untuk membicarakan kegiatan mereka, dan membahas solusi tentang sampah di Gunung Rinjani di masa mendatang.

“Saya masih tidak percaya apa yang baru saja kami lakukan, dan seberapa cepat kami melakukannya! Sejujurnya tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan betapa senangnya melihat misi ini diselesaikan dengan sukses seperti itu!” ujar Ortega.

Selain itu, Ortega juga berjanji akan mengunggah video dokumenter yang menceritakan secara detail saat ia dan rekan-rekan membersihkan sampah di Gunung Rinjani.

Hal ini bertujuan untuk mengingatkan agar para pendaki dan siapa pun yang datang ke Gunung Rinjani untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di gunung.

“Ini adalah perjalanan gila yang penuh dengan kenangan luar biasa, dan saya tidak sabar untuk membagikan vlog/dokumenter lengkap yang saya rekam di sini!” katanya.

Aksinya itu pun menuai beragam komentar netizen di media sosial. Banyak di antara netizen yang memberikan respons postif atas apa yang dilakukan di Gunung Rinjani.

“As an Indonesian, I couldn’t express my gratitide for doing this especially during the hardship that we’re cureently in!!! I wish there are more of us like you! You rock Benji!!!

(Sebagai orang Indonesia, saya tidak bisa mengungkapkan rasa terima kasih saya untuk melakukan ini terutama selama kesulitan yang kita alami saat ini!!! Saya berharap ada lebih banyak dari kita seperti Anda! You Rock Benji!!!),” tulis pemilik akun @dianyulianti.

“Tampiasih Semeton @greenrinjani_ @benjaminortega dari hati yg paling dalam,” tulis pemilik akun lainnya. {kumparan}