2 Motor Terbakar di MotoGP Styria 2021, Rossi Dkk Sepakat Sebut Sirkuit Red Bull Ring Berbahaya

Insiden mengerikan yang menimpa dua pembalap MotoGP, Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori, di MotoGP Styria 2021 membuat sejumlah pembalap langsung beramai-ramai menyoroti keamanan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Mulai dari Valentino Rossi dan sejumlah pembalap lain kompak menyebut Sirkuit Red Bull Ring berbahaya.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan menimpa pembalap Aprilia, Lorenzo Savadori, dan juga Dani Pedrosa dan KTM di MotoGP Styria yang digelar Minggu 8 Agustus 2021. Insiden ini telah membuat motor balap keduanya terbakar hebat. Alhasil, balapan sempat dihentikan sementara.

Usai insiden itu terjadi, sejumlah pembalap MotoGP langsung melakukan protes. Valentino Rossi dan Joan Mir kompak menyebut Sirkuit Red Bull Ring terlalu berbahaya untuk beberapa titik.

“Trek ini memiliki tiga atau empat titik pengereman yang sulit, yang paling berbahaya adalah tikungan tiga,” kata Rossi, dilansir dari France 24, Selasa (10/8/2021).

Joan Mir yang finis kedua di MotoGP Styria 2021 juga menekankan bahaya yang ada di tikungan tiga Red Bull Ring. Dia menilai tikungan tersebut sangat berbahaya terutama dalam kondisi basah.

“Yang juga sangat berbahaya di trek ini adalah T1 (tikungan satu) dan T3 (tikungan tiga) karena di ujung tikungan ini ada tanjakan dan kemudian turun. Jika terjadi sesuatu di sana, Anda tidak melihatnya,” jelas pembalap Suzuki itu.

Kecelakaan yang juga melibatkan pembalap penguji KTM, Dani Pedrosa, itu membuktikan pernyataan Mir. Pada lap ketiga, Pedrosa jatuh dan beberapa pembalap nyaris terpeleset untuk menghindarinya, sebelum akhirnya Savadori menabrak motor pembalap asal Spanyol itu.

Savadori pun ditandu ke luar sirkuit. Dia mengalami cedera yang cukup parah sehingga harus menjalani operasi pada pergelangan kaki kanannya yang patah. Sementara Pedrosa, dia masih bisa melanjutkan balapan dan finis di urutan 10.

Kejadian itu mengingatkan pada kecelakaan pada balapan dua tahun lalu di tempat yan sama. Di lap pertama, Franco Morbidelli bertabrakan dengan Johann Zarco kala melintas dengan kecepatan tinggi di tikungan dua.

Motor mereka kemudian berputar dan terbang di udara dan hampir menimpa Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Kala itu, Rossi dan Vinales berada di tikungan tiga.

Seminggu kemudian, Vinales kurang beruntung. Dia menabrak pembatas setelah terjadi masalah rem pada motornya.

Jorge Martin yang menjadi pemenang pada GP Styria 2021 juga menilai tanjakan yang ada setelah tikungan tiga sangat berbahaya. Martin berharap akan dilakukan perubahan pada sirkuit ini dan optimis akan membuat pembalap menjadi aman.

“Ada beberapa titik kritis, tetapi yang pasti tikungan tiga sangat penting karena biasanya di sana kami selalu mengalami kecelakaan dan mereka (pembalap lain) harus berhenti,” jelas Martin.

“Tampaknya di masa depan tata letak akan berbeda. Saya pikir mereka akan memecahkan masalah ini karena kami datang dengan kecepatan yang sangat tinggi di tikungan itu, juga ada tanjakan setelahnya dan anda tidak bisa melihat.

Itulah mengapa mungkin Savadori jatuh. Jadi saya pikir di masa depan akan baik-baik saja,” imbuh pembalap Pramac Ducati itu.

Red Bull Ring akan kembali menggelar balapan MotoGP akhir minggu ini dalam GP Austria. Menghadapi protes para pembalap akhir pekan ini, pengelola sirkuit kembali menjanjikan perubahan, tetapi belum tahu apa yang akan diubah dari sirkuit yang ada di Kota Spielberg, Austria itu. {okezone}