Penyebab Buruknya Performa Valentino Rossi Jelang Pensiun Dari MotoGP

Performa Valentino Rossi sangat buruk menjelang pensiun dari MotoGP. Pembalap berjuluk The Doctor tersebut punya dalih bahwa usia menjadi faktor dia tidak bisa melakoni balapan secara maksimal pada musim ini.

Sepanjang musim MotoGP 2021, Rossi tidak pernah naik podium. Penampilan terbaik pembalap asal italia itu sejauh ini hanya mampu masuk sepuluh besar di sejumlah seri.

Pembalap berusia 42 tahun ini pun menyadari faktor usia dan bagaimana beradaptasi dengan penyesuaian motor yang juga semakin modern membuatnya kesulitan. Tetapi jika Rossi 20 tahun lebih muda, seusia dengan Quartararo, dia berpikir bisa bertarung di posisi depan.

“Sulit untuk menjawabnya, tapi saya pikir, iya (bisa bersaing).. Tentu yang pasti jika saya 20 tahun lebih muda, saya bisa memperjuangkan kemenangan. Saya ingin mengatakan ya,” ucap Rossi dikutip laman Crash, Sabtu (13/11/2021).

“MotoGP sekarang seperti ini karena semua pembalap sangat cepat dan sangat siap untuk setiap balapan. Motornya semua sangat mirip, juga motor non-pabrikan dan saya pikir ini bagus tentang MotoGP. Terutama untuk para penggemar,” lanjutnya.

Rossi pun melanjutkan momen terkuat sepanjang kariernya di MotoGP dari 2001-2005, di kala umurnya masih 22 tahun. Rentang waktu ini ia bersama Yamaha berhasil meraih gelar juara lima tahun berturut-turut.

Rossi pun akan melakoni balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2021 pada Minggu 14 November 2021. Namun sejauh ini, pembalap asal Italia ini tampil kurang apik di dua sesi latihan bebas karena berakhir di posisi terakhir.

Sejauh ini, Rossi menempati posisi 20 klasemen sementara MotoGP 2021. Ia mengumpulkan 38 poin dengan belum pernah menang dan naik podium sama sekali di musim ini. {okezone}