Benamkan Singapura 2-0, Thailand Juara Grup A Piala AFF 2020

Thailand mengalahkan Singapura dalam laga pemungkas Grup A Piala AFF 2020 pada Sabtu (18/12) di National Stadium, Kallang, Singapura. Skor akhirnya adalah 2-0.

Gol Thailand dicetak oleh Elias Dolah (31′) & Supachai Chaided (45+2′). Dengan begini, Thailand menjadi juara grup dengan raihan 12 poin; sedangkan Singapura menjadi runner up grup dengan 9 poin.

Starting XI Thailand vs Singapura di Piala AFF 2020

Thailand XI: Siwarak Tedsungnoen (GK), Elias Dolah, Tristan Do, Suriya Singmui, Pawee Tanthatemee, Worachit Kanitsribumphen, Pathomol Charoenrattanapirom, Bordin Phala, Thitipan Puangchan, Weerathep Pomphan, Supachai Chaided.

Singapura XI: Hassan Sunny (GK), Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah, Irfan Fandi, Zulgarnaen Suzliman, Faris Ramli, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Hami Syahin, Shawal Anuar, Ikhsan Fandi.

Jalannya Laga Thailand vs Singapura di Piala AFF 2020

Pertandingan berjalan keras sejak awal laga. Masing-masing satu pemain dari kedua kubu tumbang saat laga belum berjalan 7 menit.

Pemain Thailand, Suriya, harus mendapat perawatan usai area mata atau pelipisnya tak sengaja kena tendang pemain Singapura pada menit 3. Pemain Singapura lainnya, Shakir, mengalami cedera lutut usai ditekel Thitipan di menit 6.

Bedanya, Suriya bisa meneruskan permainan, sedangkan Shakir yang sempat kembali merumput akhirnya harus ditarik keluar dan digantikan Zulfahmi Arifin.

Pada menit 11, Singapura dapat peluang bagus. Safuwan melepas sepakan akurat usai kemelut momen sepak pojok. Bola masih bisa dimentahkan oleh Siwarak.

Pada menit 17, Hami melepas sepakan akurat dari kotak penalti. Namun, bola bisa ditepis Siwarak. Semenit berselang, ia dikartu kuning karena melepas tekel keras dari belakang pada Thitipan.

Pada menit 24, Suriya harus menepi di pinggir lapangan. Dari bagian kepalanya tampak mengeluarkan darah, indikasi luka saat matanya kena tendang pemain Singapura di awal laga. Akhirnya, kepalanya mesti dibalut perban.

Pada menit 31, Thailand mencetak gol. Bordin melepas tendangan bebas yang bolanya kena tiang, bola liar disambar Elias jadi gol. 1-0.

Thailand menggandakan keunggulan pada menit 45+2. Supachai tak terkawal di depan kotak penalti saat menerima umpan dari Worachit, ia mendorong bola ke dalam kotak, lalu melepas sepakan akurat. 2-0. Suriya sendiri ditarik keluar sebelum sepak mula babak kedua.

Thailand tidak total bertahan di babak kedua, melainkan masih coba menambah gol. Singapura di sisi lain kian bersemangat untuk mencari gol pertama di laga ini.

Peluang emas didapat Singapura pada menit 74. Irfan melepas sepakan di kotak penalti, tetapi akurasinya melebar. Hingga akhir laga, skor 2-0 tak berubah. Thailand menjadi juara grup. {kumparan}