Daripada Nusantara, Fadli Zon Usul Ibukota Baru Diberi Nama Jokowi

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra Fadli Zon lagi-lagi berkomentar ihwal kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, Fadli turut menyinggung kata Nusantara yang menjadi usulan nama Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

“Nusantara kurang cocok jadi nama Ibu Kota baru. Nusantara punya pengertian sendiri sebagai wilayah Indonesia, belum lagi ada wawasan nusantara,” kata Fadli seperti dikutip dari akun twitter pribadinya @fadlizon, Selasa (18/1/2022).

Mantan Wakil Ketua DPR itu justru memandang bahwa seharusnya jika mau pemerintah bisa saja memberikan nama Ibu Kota baru tersebut, dengan menyematkan nama Presiden Jokowi. Sebab, hal itu juga dilakukan oleh negara Kazakhstan yang juga pernah memindahkan Ibu Kota Negara.

“Usul saya nama Ibu Kota langsung saja “Jokowi”. Sama dengan ibu kota Kazakhstan ‘Nursultan’ (dari nama Presiden Nursultan Nazarbayev),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan nama untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dari Bapak Presiden pada Jumat, dan beliau mengatakan Ibu Kota Negara ini namanya Nusantara,” ujar Suharso dalam rapat Pansus IKN di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2021). {sindo}