Indonesia Amankan Tempat, Ini Daftar Negara Yang Sudah Lolos Ke Piala Thomas dan Uber 2022

SEJUMLAH negara telah memastikan diri lolos ke Piala Thomas dan Uber 2022. Siapa saja negara-negara itu? Okezone akan membahasnya dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 akan berlangsung di Krung Thep Maha Nhakon, Thailand, 8-15 Mei mendatang. Sebanyak 16 negara akan saling memperebutkan gelar bergengsi yang baru saja digelar pada tahun lalu itu.

Seperti edisi sebelumnya, BWF memberlakukan kualifikasi per zona yang tersebar dalam lima zona. Kelima zona tersebut adalah Asia, Eropa, Oseania, Afrika, dan Pan-Am. Sementara itu, tim tuan rumah dan juara bertahan sudah otomatis lolos.

Asia dan Eropa masing-masing memiliki empat kuota. Lalu, Oseania, Afrika, dan Pan-Am mendapatkan masing-masing satu jatah, dan terakhir akan diisi tiga negara yang memiliki ranking tertinggi berdasarkan peringkat dunia.

Asia, yang mendapatkan empat jatah, sudah dipastikan memiliki wakil lewat semifinalis Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022. Sementara itu, Afrika, yang juga menggelar Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Afrika 2022, telah menemukan wakil mereka.

Untuk Piala Thomas, jatah Asia sudah dikunci oleh Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura. Indonesia, yang menjadi semifinalis di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022, sudah memastikan tiket lolos sebagai bertahan Piala Thomas.

Nantinya, satu tiket tersisa dari zona Asia ini akan diambil dari negara dengan peringkat tertinggi. Jepang diperkirakan akan mengisi kursi tersebut karena memiliki ranking beregu putra tertinggi di antara negara-negara Asia lainnya. Akan tetapi, ini masih menunggu konfirmasi dari BWF dan Badminton Asia.

Lalu, untuk Piala Uber, empat tim dari Asia yang telah lolos adalah Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Korea Selatan. Mereka adalah semifinalis di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022.

Di sisi lain, Afrika akan diwakili oleh Aljazair untuk Piala Thomas dan Mesir untuk Piala Uber. Mereka memastikan lolos setelah menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Afrika 2022.

Untuk Eropa dan Oseania, ada perbedaan besar. Eropa dan Oseania memutuskan untuk tidak menggelar ajang kualifikasi karena pandemi Covid-19.

BWF kemungkinan besar akan memutuskan wakil dua zona itu berdasarkan ranking dunia untuk mengisi slot 16 peserta Piala Thomas dan Uber 2022.

Lalu, zona Pan-Am sendiri masih menggelar turnamen yang berlangsung di Acapulco, Meksiko. Saat ini, ajang tersebut telah memasuki semifinal dan final akan berlangsung Senin 21 Februari 2022, dini hari WIB.

Berikut daftar negara yang telah lolos ke Piala Thomas dan Uber 2022:

Piala Thomas

1. Thailand (tuan rumah)

2. Indonesia (juara bertahan)

3. Malaysia (Asia)

4. Korea Selatan (Asia)

5. Singapura (Asia)

6. Aljazair (Afrika)

Piala Uber

1. Thailand (tuan rumah)

2. China (juara bertahan)

3. Malaysia (Asia)

4. Korea Selatan (Asia)

5. Indonesia (Asia)

6. Jepang (Asia)

7. Mesir (Afrika) {okezone}