Soal Bambang Susantono Calon Kepala Otorita IKN, Daniel Johan: Mumpuni! Pakar Infrastruktur

Nama eks Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, mencuat sebagai kandidat calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Melihat dari pengalamannya, Ketua DPP PKB Daniel Johan menilai sosok Bambang sudah dikenal cukup mumpuni dengan latar belakang dan keahlian yang dimilikinya.

“Sejauh ini sosok Bambang Susantono cukup mumpuni melihat latar belakang pengalaman dan keahliannya, pernah menjabat wakil menteri Perhubungan pada era SBY,” kata Daniel kepada wartawan, Rabu (23/2).

“Termasuk pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi dan pendidikannya pun memiliki spesifikasi dibidang perencanaan infrastruktur,” lanjutnya.

Meski begitu, Daniel menyerahkan sosok Kepala IKN sepenuhnya keputusan kepada Presiden Jokowi. Setelah ditunjuk, Kepala Otorita dapat segera melakukan konsultasi ke DPR.

“Tapi kita serahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden dan setelah Presiden memilih siapa yang akan menempati posisi kepala Otorita IKN akan dikonsultasikan bersama DPR,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini berharap sosok kepala otorita yang dipilih tidak kontroversial. Sehingga, kepala otorita mampu menjalankan tugas dengan baik.

“Kita berharap nanti yang akan mengisi pimpinan Otorita IKN adalah sosok yang tepat, tidak kontroversial. Sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik dan pembangunan berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang matang,” tutur dia.

“Kita tunggu saja pengumuman resmi dari Istana dan keputusan Presiden yang final,” tutup Daniel.

Sebelumnya, Jokowi sudah memberikan beberapa bocoran terkait kriteria calon kepala otorita yakni non-parpol, berpengalaman sebagai arsitek dan kepala daerah. Ia pun menyebut calon kepala otorita akan diumumkan dalam waktu dekat. {kumparan}