News  

Ada BLT Minyak Goreng Rp.300 Ribu dari Jokowi, Siapa yang Berhak Mendapatkannya?

Presiden Jokowi akan membagikan bantuan langsung tunai minyak goreng (BLT) kepada 20,5 juta keluarga di Indonesia. Hal itu disampaikan Presiden melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (1/4).

Bantuan ini nantinya diberikan dengan nominal Rp 100.000 setiap bulan. Pemerintah akan memberikan bantuan BLT ini untuk 3 bulan ke depan, yakni April, Mei hingga Juni yang akan dibayar di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000.

Siapa saja yang berhak mendapatkan BLT minyak goreng?

Jokowi mengungkapkan, penerima BLT merupakan keluarga yang terdaftar dalam Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). daftar bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH),” kata Jokowi.

Selain itu, BLT ini juga akan diberikan untuk 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan. Pemberian BLT ini kata Presiden, adalah untuk meringankan beban masyarakat di tengah harga minyak goreng yang melambung.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan berikan BLT minyak goreng,” kata Jokowi.

Agar BLT ini tersalurkan dengan lancar, Presiden meminta Kementerian terkait sampai Polri dan TNI untuk mengawalnya.

“Terakhir saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI dan Polri berkoordinasi agar pelaksanaan bantuan ini berjalan lancar,” pungkas Jokowi. {kumparan}