Survei Internal, Sohibul Iman: Banyak Kader dan Anggota PKS Dukung Anies Baswedan Capres

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman menyebut banyak kader yang ingin agar partai mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Hal ini, kata dia, terungkap dari survei yang dilakukan PKS secara internal.

“Menurut hasil survei banyak dari anggota PKS cenderung kepada Anies Baswedan ini secara survei dan di forum ini belum ada dan dalam 2 hari ini (ada),” kata Sohibul di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (20/6).

Sohibul menuturkan Anies tak harus menjadi kader PKS jika akan diusung sebagai capres. Ia menyebut hal ini juga merupakan bukti bahwa capres tidak harus berasal dari parpol.

“Enggak masuk PKS enggak masalah. Jadi sekaligus kita ingin memberikan politik kepada masyarakat. Kan banyak yang berpersepsi karena pencapresan itu harus lewat parpol seolah-olah dia harus jadi kader parpol tidak demikian,” tuturnya.

“Ketentuan UUD itu memang mekanismenya harus lewat parpol tapi yang bersangkutan bisa bukan orang parpol. Bisa juga dia tidak harus jadi kader parpol,” sambung Sohibul.

Sohibul menuturkan DPP PKS akan meminta masukan dari seluruh DPW terkait capres yang bakal diusung partai. Ia ingin capres yang diusung memberikan coattail effect kepada partai.

“Namun nanti dari panitia akan dimintakan pendapat sesuai dengan usulan DPW dari daerah masing-masing, kira-kira capres yang kondusif untuk coattail effect untuk PKS, dan nanti akan tahu,” kata dia.

Selain capres, kata Sohibul, DPP juga akan meminta masukan kepada DPW terkait parpol mana saja yang dinilai bisa bekerja sama dengan baik sebagai koalisi.

“Mereka akan diberikan waktu untuk menyebutkan partai apa saja yang kondusif untuk kerja sama dengan PKS, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Dan nanti dari situ dapat data yang kondusif,” tutup Sohibul.(Sumber)