Legenda MotoGP Mick Doohan Prediksi Marc Marquez Bakal Kembali Juara MotoGP

LEGENDA MotoGP, Mick Doohan, memprediksi Marc Marquez bisa kembali juara MotoGP. Pasalnya, Mick Doohan menilai Marquez memiliki mental kuat dan juga kemampuan yang luar biasa dalam dunia balap motor.

Karier Marc Marquez di MotoGP memang sedang ramai disorot. Sebab, dia rentan didera cedera dalam beberapa musim terakhir sehingga membuatnya harus absen panjang.

Pada 2020, juara dunia enam kali MotoGP itu bahkan harus absen semusim penuh. Sekembalinya berlaga di MotoGP, performa Marquez pun mengalami perbedaan dari sebelumnya. Dia tak bisa bersaing memperebutkan kemenangan dengan leluasa.

Namun, Marquez tak benar-benar terpuruk. Sesekali, dia berhasil meraih kemenangan. Hal itu terlihat di MotoGP 2021. Dia menang di tiga balapan, yakni GP Jerman, AS, dan Emilia Romagna.

Tetapi kini, Marquez harus mendapat hambatan lagi dalam usahanya mengembalikan performa seperti biasanya. Sebab, dia memutuskan naik meja operasi lagi guna memulihkan 100 persen cedera pada lengan kanannya.

 

Pembalap Repsol Honda itu sudah absen sejak seri kesembilan MotoGP 2022 yang berlangsung di Catalunya. Hingga kini, dia belum kembali balapan. Beberapa kabar menyebut, Marquez baru comeback pada 2023. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa dia bisa balapan sebelum musim berakhir.

Mendapati kondisi ini, Doohan masih menaruh kepercayaan besar terhadap Marquez. Dia bahkan tak ragu meyakini bahwa The Baby Alien -julukan Marc Marquez- masih akan merebut kemenangan hingga gelar juara lagi di MotoGP.

“Marc Marquez jelas masih sangat cepat dan kuat secara mental. Apa yang Anda rasakan adalah frustrasi. Kekecewaan terbesar sebagai pembalap adalah rasa frustrasi mengetahui bahwa Anda tidak bisa balapan seperti sebelumnya,” ujar Doohan, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Jumat (22/7/2022).

“Terkadang, Anda melewati batas karena secara fisik Anda tidak bisa membalap di level yang sama. Itu sebabnya, saya yakin, dia mengambil waktu dari sirkuit agar pulih, untuk memperbaiki lengannya dengan benar, untuk kembali 100 persen,” sambungnya.

Kepercayaan ini muncul karena Doohan mengetahui betul kualitas dan mental dari Marc Marquez. Kini, dia pun menantikan momen comeback bintang MotoGP itu.

“Dengan demikian, dia akan dapat mengendarai motor sesuai kebutuhannya, tanpa mengorbankan keselamatannya, untuk kembali ke jalur kemenangan,” tutur Doohan.

“Dia telah menunjukkan bisa memenangkan balapan dengan satu tangan. Seperti yang saya katakan, dia sangat kuat secara mental, dia memenangkan enam gelar MotoGP. Dia adalah salah satu yang terbaik sepanjang masa,” sambungnya

“Sampai saat dia memutuskan untuk berhenti (di pertengahan musim 2022), dia selalu termasuk yang tercepat.

Saya melihat tidak ada masalah baginya untuk kembali setelah enam bulan, melakukan beberapa tes, kembali bugar, dan mampu bersaing dengan siapa pun yang ada di depan,” pungkas Doohan.(Sumber)